Rossi Tahu Marquez Tolak Dovizioso ke Honda

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Jumat, 27/04/2018 11:05 WIB
Rossi Tahu Marquez Tolak Dovizioso ke Honda Valentino Rossi diklaim tahu kabar Marc Marquez cegah kepindahan Andrea Dovizioso di MotoGP 2019. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, diklaim telah mengetahui usaha Marc Marquez yang berusaha mencegah kepindahan Andrea Dovizioso ke tim Repsol Honda di MotoGP 2019.

Dovizioso menjadi salah satu kandidat pengganti Dani Pedrosa di Repsol Honda musim depan. Rumor Dovizioso ke Repsol Honda semakin menguat setelah pebalap asal Italia itu menolak tawaran kontrak baru dari Ducati.

Di tengah negosiasi yang sedang buntu dengan Ducati, Dovizioso dikabarkan terus digoda Honda untuk menjadi rekan setim Marquez mulai musim depan. Namun, Marquez dikabarkan mencegah kepindahan Dovizioso.


Dikutip dari Diario Gol, Marquez tidak ingin pebalap yang lebih kuat daripada Pedrosa seperti Dovizioso menjadi rekan setimnya. Pebalap 25 tahun sudah berusaha memastikan hal itu kepada pihak Honda ketika memperpanjang kontrak pada Februari lalu.

Andrea Dovizioso merupakan salah satu sahabat Valentino Rossi di MotoGP.Andrea Dovizioso merupakan salah satu sahabat Valentino Rossi di MotoGP. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Direktur tim Alberto Puiq sebelumnya menyatakan pihak Repsol Honda akan meminta masukan Marquez terkait sosok yang akan menjadi rekan setimnya musim depan. Tapi, Honda diklaim tidak akan memenuhi permintaan Marquez terkait mempertahankan Pedrosa. Terlebih, penampilan Pedrosa terus menurun dalam beberapa musim terakhir.

"Ketika Marquez negosiasi kontrak baru, dia memberi tiga syarat, salah satunya Dani Pedrosa harus menjadi rekan setimnya musim depan. HRC tidak akan memenuhi syarat Marquez. Sudah bukan rahasia kalau tim asal Jepang bergerak di belakang Marquez," tulis Diario Gol.

Rossi Tahu Marquez Tolak Dovizioso ke Honda
"Mereka menganggap dengan sepeda motor dan peralatan yang mereka miliki, seharusnya Honda mendapat hasil lebih. Mereka ingin membawa Andrea Dovizioso sebagai pengganti [Pedrosa], pebalap yang bisa memberi tekanan kepada Marquez," sambung pihak Diario Gol.

Marc Marquez hanya ingin Dani Pedrosa menjadi rekan setimnya di MotoGP 2019.Marc Marquez hanya ingin Dani Pedrosa menjadi rekan setimnya di MotoGP 2019. (Getty Images/AFP)
Menariknya Rossi sudah mengetahui kalau Honda sedang berusaha merekrut Dovizioso. Pebalap 39 tahun itu juga tahu kalau Marquez berusaha mencegah kedatangan Dovizioso ke Honda musim depan.

"Valentino Rossi adalah pebalap yang tahu segalanya di garasi MotoGP. Dia sudah tampil di ajang Grand Prix sejak lama dan tidak ada kabar yang lepas darinya. Ketika orang-orang bertanya, 'Apakah kamu tahu soal Marc Marquez [cegah Dovizioso]?', dia sudah tahu jawabannya," tulis Diario Gol.

Dovizioso sendiri sudah pernah menjadi bagian tim Repsol Honda di MotoGP sepanjang musim 2009 hingga 2011. Tapi, Dovizioso hanya mampu meraih satu kemenangan sepanjang tiga musim itu.

MotoGP Spanyol yang merupakan seri keempat MotoGP 2018 bisa disaksikan secara live streaming melalui CNNIndonesia.com pada 6 Mei mendatang. (jun)


BACA JUGA