Dovizioso Puji Marquez Jelang MotoGP Italia

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 29/05/2018 16:57 WIB
Dovizioso Puji Marquez Jelang MotoGP Italia Andrea Dovizioso menganggap Marc Marquez tak hanya bergantung pada performa motornya. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menilai Marc Marquez hebat di lintasan MotoGP bukan hanya karena menunggangi sepeda motor milik tim Repsol Honda.

Marquez saat ini jadi pemimpin klasemen MotoGP 2018 dengan nilai 95 poin. Ia unggul 36 angka atas Maverick Vinales yang ada di posisi kedua.

Dovizioso yang disebut sebagai rival utama Marquez musim ini masih terpuruk dengan torehan 46 poin. Hal itu tak lepas dari kegagalan Dovizioso mendapatkan angka di dua seri terakhir.


"Marquez adalah sosok pebalap yang sangat kuat di semua area dan superior dibandingkan pebalap lainnya. Contohnya, Marquez adalah satu-satunya pebalap yang mampu melakukan banyak penyelamatan. Ia sering jatuh di latihan bebas namun jarang jatuh di balapan," kata Dovizioso seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Andrea Dovizioso tertinggal jauh dari Marc Marquez karena gagal dapat poin di dua seri terakhir.Andrea Dovizioso tertinggal jauh dari Marc Marquez karena gagal dapat poin di dua seri terakhir. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Kemampuan tampil konsisten tak lepas dari performa motor Honda RC213V yang ditunggangi Marquez. Namun, Dovizioso menganggap motor Honda bukan faktor dominan di balik kehebatan Marquez.

"Saya rasa mustahil untuk mengetahui kecepatan pebalap yang menggunakan motor lain. Kalian bisa beropini tentang motor pebalap lain, namun kalian tak akan mengerti seberapa cepat motor itu melaju."

Andrea Dovizioso mengakui Marc Marquez punya kemampuan spesial di atas motor.Andrea Dovizioso mengakui Marc Marquez punya kemampuan spesial di atas motor. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
"Ketika menang di Le Mans dan Pedrosa mencatat waktu tujuh detik lebih lambat, itu berarti Marquez memang memberikan perbedaan," tutur Dovizioso yang juga pernah memperkuat Repsol Honda.

Meski mengakui Marquez punya banyak keunggulan, Dovizioso tidak takut menghadapi juara dunia MotoGP empat kali tersebut musim ini.

Dovizioso Nilai Marquez Hebat Bukan Hanya Karena Honda
"Saya tak mau berpikir Marquez adalah pebalap terkuat, karena bila saya berpikir demikian maka saya tak bisa memikirkan peluang untuk memenangi kejuaraan dunia MotoGP," ucap Dovizioso.

Seri MotoGP 2018 berikutnya adalah MotoGP Italia yang akan berlangsung di Sirkuit Mugello, 3 Juni mendatang. Balapan MotoGP Italia bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com. (har)