LIVE REPORT

LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018

LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018

Timnas Jerman meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Swedia 2-1 di Stadion Fisht, Minggu (24/6). Peluang Jerman ke babak 16 besar pun tetap terbuka. Terima kasih telah menyaksikan live report Jerman vs Swedia, sampai jumpa.

  • 24 Jun 03:05

    Marco Reus Jadi Pembeda

    Timnas Jerman meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Swedia 2-1 di Stadion Fisht. Die Mannschaft bangkit dari ketinggalan 0-1 di babak pertama. Meski sempat kehilangan Jerome Boateng yang dikartu merah, Jerman masih tetap konsisten memberikan tekanan kepada Swedia.

    Toni Kroos sukses menebus kesalahannya di babak pertama dengan memberikan gol kemenangan untuk Jerman.Toni Kroos sukses menebus kesalahannya di babak pertama dengan memberikan gol kemenangan untuk Jerman. (REUTERS/Michael Dalder)
    Mental juara Jerman terasa dalam pertandingan kali ini. Namun, poin penting dari performa Jerman saat ini adalah hadirnya sosok Marco Reus. Pemain Borussia Dortmund itu memberikan warna baru dalam permainan Jerman. Beberapa kali Reus menciptakan peluang yang lebih baik saat melawan Swedia, kondisi berbeda terjadi ketika Joachim Loew memainkan Mesut Oezil. Reus bisa membuka ruang dan juga memberikan umpan. Bahkan lebih dari itu pemain 29 tahun tersebut mencetak gol untuk Jerman.

    Kehadiran Marco Reus jadi pembeda dalam permainan Jerman.Kehadiran Marco Reus jadi pembeda dalam permainan Jerman. (REUTERS/Francois Lenoir)
    Swedia sebenarnya bisa mengakhiri laga dengan kemenangan atau minimal seri. Sayangnya, ketika unggul dalam jumlah pemain, Swedia masih bermain dengan hati-hati. Jika bisa terus memberikan tekanan kepada Jerman, Swedia akan terhindar dari kekalahan.
  • 24 Jun 02:56

    Gol Cantik Kroos Berikan Kemenangan untuk Jerman

    [Gambas:Youtube]
  • 24 Jun 02:52

    Goollo! Kroos Cetak Gol (90+5')

    LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
    Gelandang Toni Kroos memberikan kemenangan untuk Jerman setelah tendangan melengkung kaki kanannya masuk ke sudut kiri atas gawang Swedia yang tidak bisa dijangkau Robin Olsen. Gol itu menjadi penebus kesalahan Kroos yang menyebabkan Swedia membobol gawang Manuel Neuer.

    Gol Kroos berawal dari dilanggarnya Timo Werner oleh bek Swedia. Eksekusi tendangan bebas diambil Kroos yang membuat operan pendek dengan Marco Reus. Bola dari Reus langsung disepak dengan keras oleh Kroos ke dalam gawang Swedia.
  • 24 Jun 02:50

    Sepakan Brandt Membentur Tiang (90+2')

    Aksi Julian Brandt sempat membuat pendukung Swedia ketar-ketir. Sepakan kaki kiri pemain Bayer Leverkusen itu membentur tiang kanan Swedia pada menit-menit krisis.
  • 24 Jun 02:45

    Giliran Olsen Lakukan Penyelamatan Spektakuler (88')

    Jerman tengah mengurung pertahanan Swedia. Lalu Toni Kroos melepaskan umpan ke kotak penalti dari sisi kiri. Mario Gomez yang berada di depan gawang Swedia langsung menyambut umpan itu dengan sundulan. Beruntung bagi Swedia, kiper Robin Olsen berada di posisi yang tepat, dengan timing yang sempurna bisa menepis sundulan Gomez dengan tangan kanannya. Tendangan sudut untuk Jerman.
  • 24 Jun 02:41

    Neuer Lakukan Penyelamatan Krusial (83')

    Manue Neuer memiliki beberapa penyelamatan penting saat lawan Swedia.Manue Neuer memiliki beberapa penyelamatan penting saat lawan Swedia. (REUTERS/Dylan Martinez)
    Dikartu merahnya Boateng membuat pertahanan Jerman kedodoran. Satu menit setelah Boateng keluar membuat Swedia memiliki momen penting untuk mencetak gol. Beruntung Manuel Neuer lebih sigap untuk mementahkan sundulan Andreas Granqvist.
  • 24 Jun 02:40

    Boateng Dikartu Merah (82')

    Jerome Boateng dikeluarkan dari permainan setelah dikartu merah wasit Szymon Marciniak karena mendapat dua kartu kuning. Boateng mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Marcus Berg.
  • 24 Jun 02:38

    Sontekan Werner Belum Menemui Sasaran (81')

    Serangan terus dialirkan Jerman ke pertahanan Swedia. Namun hanya beberapa yang menemui sasaran. Sementara sontekan Timor Werner umpan dari Joshua Kimmich tidak menemui sasaran.
  • 24 Jun 02:33

    Tendangan Forsberg Ditangkap Neuer (76')

    Swedia kembali memberikan bahaya untuk Jerman. Pada menit ke-76 giliran tendangan Emil Forsberg yang bisa ditangkap Manuel Neuer.
  • 24 Jun 02:29

    Lindelof Selamatkan Gawang Swedia (72')

    Victor Lindelof membuat beberapa aksi krusial melawan Jerman.Victor Lindelof membuat beberapa aksi krusial melawan Jerman. (REUTERS/Pilar Olivares)
    Victor Lindelof membuktikan ketangguhannya di benteng pertahanan Swedia dengan membuang peluang dari Timo Werner. Werner yang mendapat operan dari Marco Reus memiliki kesempatan untuk memberikan bola kepada Mario Gomez, tetapi Andreas Granqvist memotong bola tersebut yang akhirnya disapu bersih oleh Lindelof.
  • 24 Jun 02:25

    Mario Gomez Offside (68')

    Jerman hampir saja mencetak gol pada menit ke-68. Mendapat umpan dari Jerome Boateng, sepakan Mario Gomez di depan gawang Swedia masih melambung. Namun akhirnya wasit menganggap Gomez sudah lebih dulu dalam posisi offside.
  • 24 Jun 02:21

    Bola Berada di Lapangan Swedia

    Jerman mengurung pertahanan Swedia pada menit ke-63. Cukup lama pemain-pemain Jerman memainkan bola di lapangan Swedia yang menempatkan sekitar lima sampai tujuh pemainnya di kotak penalti. Dengan pertahanan yang rapat, beberapa tembakan pemain Jerman kerap diblok bek Swedia.
  • 24 Jun 02:18

    Reus Membuang Peluang (61')

    Marco Reus membuang peluang untuk Jerman unggul. Umpan Joshua Kimmich dari sisi kanan gagal dikonversi Reus menjadi gol. Penyerang Borussia Dortmund itu berniat mencetak gol dengan tumit, sayang upayanya itu tidak mengenai bola. Salah satu peluang terbaik Jerman pun terbuang percuma.
  • 24 Jun 02:15

    Gol Pertama Marco Reus

    Marco Reus cetak gol pertamanya di Piala Dunia.Marco Reus cetak gol pertamanya di Piala Dunia. (REUTERS/Francois Lenoir)
    Gol ke gawang Swedia menjadi gol pertama Marco Reus di Piala Dunia, atau gol ke-10 bersama timnas Jerman. Gol itu menjadi yang pertama bagi Marco Reus timnas Jerman setelah lebih dari tiga tahun. Kali terakhir Reus cetak gol untuk Jerman di kualifikasi Piala Eropa 2016 saat melawan Georgia.
  • 24 Jun 02:08

    Sundulan Mueller Menyamping (51')

    Jerman terus memberikan tekanan kepada Swedia pada menit ke-51. Kali ini sundulan Thomas Mueller memanfaatkan tendangan bebas Toni Kroos masih menyamping di sisi kiri gawang Swedia.
  • 24 Jun 02:05

    Goolll! Reus Samakan Kedudukan (48')

    LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
    Marco Reus menyamakan kedudukan pada menit ke-48. Reus mencetak gol dengan kaki kiri memanfaatkan umpan striker Timo Werner dari sisi kiri. Peluang Jerman untuk memenangi laga kembali terbuka.
  • 24 Jun 02:03

    Priittt! Babak Kedua Dimulai

    Kick off babak kedua dimulai. Untuk sementara Jerman tertinggal 0-1 dari Swedia melalui gol Ola Toivonen.
  • 24 Jun 01:52

    Jerman Terlalu Mudah Melakukan Kesalahan

    Marcus Berg (kanan) menjadi sosok yang sukses memanfaatkan kesalahan Toni Kross dalam memberikan operan.Marcus Berg (kanan) menjadi sosok yang sukses memanfaatkan kesalahan Toni Kroos dalam memberikan operan. (REUTERS/Michael Dalder)
    Timnas Jerman terlalu mudah melakukan kesalahan di babak pertama. Tercatat ada dua kesalahan yang dilakukan pemain-pemain Jerman, bek Antonio Ruediger dan gelandang Toni Kroos. Nahas, blunder dari Kroos menyebabkan gawang Manuel Neuer kebobolan oleh Ola Toivonen pada menit ke-32.

    Dalam posisi tertinggal perjuangan Die Mannschaft melawan Swedia makin berat. Beban Thomas Mueller dan kawan-kawan juga tidak lebih ringan untuk bisa lolos ke babak gugur. Di babak pertama Jerman sebenarnya hanya perlu menunggu gol. Sayangnya ketika melakukan serangan, proses yang dilakukan Jerman terlalu lama.

    Di babak kedua Jerman perlu menyerang Swedia dengan lebih cepat, tidak lama mengalirkan bola. Biasanya permainan cepat membuat pertahanan lawan lebih mudah kehilangan konsentrasi. Dari kondisi itu lini tengah atau belakang Jerman harus lebih jeli melihat ruang kosong dan memanfaatkan peluang menjadi gol.




  • 24 Jun 01:49

    Babak Pertama, Jerman Tertinggal 0-1 dari Swedia

    [Gambas:Youtube]
  • 24 Jun 01:46

    Kesempatan Terakhir Swedia (45+2')

    Swedia memiliki peluang mencetak gol pada menit ke-45+2. Tetapi sundulan Marcus Berg ke sisi kanan gawang Jerman ditepis Neuer.

    Sebelumnya pada menit ke-44 bek Jonas Hector bisa membuang kesempatan yang dimiliki Viktor Claesson umpan dari Emil Forsberg.
  • 24 Jun 01:43

    Swedia Memiliki Dua Tembakan Tepat Sasaran

    Ola Toivonen bisa memanfaatkan satu dari dua tembakan tepat sasaran Swedia ke gawang Jerman.(REUTERS/Francois Lenoir)
    Ola Toivonen bisa memanfaatkan satu dari dua tembakan tepat sasaran Swedia ke gawang Jerman.
    Sampai dengan saat ini Swedia hanya memiliki dua tembakan tepat sasaran, namun satu di antaranya berbuah gol. Jerman juga memiliki dua on target dari empat percobaan, tetapi bbelum bisa mencetak gol.
  • 24 Jun 01:39

    Tendangan Guendogan Gagal Berbuah Gol (40')

    Lima menit sebelum babak pertama berakhir Jerman mendapatkan peluang melalui tendangan Ilkay Guendogan yang bisa ditepis Robin Olsen setelah lebih dulu menyentuh bek Swedia. Bola rebound gagak dimanfaatkan Thomas Mueller menjadi gol lantaran bisa dibuang dengan cepat oleh Victor Lindelof.
  • 24 Jun 01:32

    Goolll! Toivonen Cetak Gol (32')

    LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
    Striker Ola Toivonen membawa Swedia unggul pada menit ke-32 setelah mendapat umpan dari Viktor Claesson. Toivonen mencungkil bola ke sudut kanan gawang Jerman yang tidak bisa diantisipasi Manuel Neuer.

    Gol Toivonen itu bermula dari kesalahan Toni Kroos dalam melakukan operan. Saat hendak memberikan bola kepada rekannya, operan Kroos dipotong Marcus Berg yang langsung mengoper kepada Claesson.
  • 24 Jun 01:31

    Perubahan Taktik dari Jerman (31')

    Pelatih Jerman Joachim Loew melakukan perubahan taktik pada menit ke-31 dengan memainkan Ilkay Guendogan dan menarik keluar Sebastian Rudy yang mengalami pendarahan di hidung.
  • 24 Jun 01:28

    Jerman-Swedia Seimbang dalam Peluang

    LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018Peluang Jerman digagalkan Victor Lindelof. (REUTERS/Hannah McKay)
    Jerman mendominasi permainan dengan 83 persen penguasaan bola dan melakukan 262 operan, sementara Swedia hanya 17 persen penguasaan dengan 41 operan. Tetapi kedua tim sama-sama baru memeiliki satu peluang on target.
  • 24 Jun 01:24

    Swedia Bagus dalam Transisi Menyerang ke Bertahan

    Swedia memainkan transisi dari menyerang ke bertahan dengan baik. Itu ditunjukkan dengan lini belakang Swedia yang tanpa kesulitan mengantisipasi serangan balik Jerman.
  • 24 Jun 01:21

    Lini Belakang Jerman Terlalu Berani

    Jerman perlu waspada dengan performa lini belakangnya dalam laga ini yang kerap terlalu maju ke depan. Jika Swedia bisa melancarkan serangan balik cepat, lini belakang Jerman bisa keteteran.

    Tim asuhan Joachim Loew perlu mengambil pelajaran dari gol yang dicetak Meksiko pada laga sebelumnya, yang merupakan serangan balik cepat dari kosongnya sektor bek kanan.
  • 24 Jun 01:12

    Antonio Ruediger Blunder (13')

    LIVE: Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018Peluang Marcus Berg digagalkan Neuer. (REUTERS/Michael Dalder)
    Bek tengah Jerman Antonio Ruediger membuat blunder. Bola direbut pemain Swedia yang langsung dioper kepada Marcus Berg. Tetapi Berg tidak bisa melewati adangan kiper Manuel Neuer setelah berhadapan satu lawan satu.

    Dalam tayangan ulang Berg sempat mendapat adangan dari Jerome Boateng sebelum melepaskan eksekusi. Namun wasit Szymon Marciniak dari Polandia tidak menganggap itu pelanggaran, dan tidak juga melihat VAR.
  • 24 Jun 01:09

    Peluang Terbaik untuk Jerman (9')

    Marco Reus mendapat umpan terobosan yang dengan cepat diumpan ke depan gawang Swedia. Namun, Timor Werner yang dituju kalah cepat dengan bek Swedia Victor Lindelof yang langsung membuang bola. Tendangan sudut untuk Jerman.
  • 24 Jun 01:02

    Jerman Langsung Bombardir Pertahanan Swedia (3')

    Sepakan dari Julian Draxler bisa diblok Robin Olsen.Sepakan dari Julian Draxler bisa diblok Robin Olsen. (REUTERS/Michael Dalder)
    Timnas Jerman benar-benar mengurung pertahanan Swedia di awal-awal laga. Pada menit ketiga terjadi kemelut di depan gawang Swedia.

    Timo Werner memberikan bola ke kotak penalti, disambut dengan tendangan Julian Draxler namun masih bisa diblok Robin Olsen dengan penyelamatan gemilang.
  • 24 Jun 01:01

    Umpan Mueller Terbuang Percuma (1')

    Jerman menyerang Swedia melalui sisi kiri. Thomas Mueller yang berada di posisi tersebut melepaskan umpan lambung. Sayangnya umpan tersebut terbuang percuma karena tidak ada yang menyambut.
  • 24 Jun 00:56

    Priittt! Babak Pertama Dimulai

    Swedia melakukan kick off babak pertama. Jerman mengenakan kostum putih-hitam, sementara Swedia biru-kuning.

    Jerman perlu terus menekan sejak menit awal dan mencetak gol cepat untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memenangi pertandingan.
  • 24 Jun 00:51

    Penampilan ke-20 Robin Olsen

    Pertandingan melawan Jerman akan jadi penampilan ke-20 ke Robin Olsen bersama timnas Swedia sejak debut pada 15 Januari 2015 di bawah pelatih Erik Hamren.

    Robin Olsen akan menjalani laga ke-20 bersama timnas Swedia.Robin Olsen akan menjalani laga ke-20 bersama timnas Swedia. (REUTERS/Hannah McKay)
  • 24 Jun 00:42

    Jerman Tidak Terkalahkan atas Swedia

    Suporter Jerman hadir di Stadion Fisht untuk mendukung tim kesayangannya.Suporter Jerman hadir di Stadion Fisht untuk mendukung tim kesayangannya. (REUTERS/Dylan Martinez)
    Jerman tidak terkalahkan lawan Swedia dalam 11 pertandingan terakhir di semua ajang dengan meraih enam kemenangan dan lima kali imbang. Kali terakhir Swedia menang atas Jerman terjadi 40 tahun pada April 1978 dengan kemenangan 3-1. 
  • 24 Jun 00:33

    Untuk Kali Pertama Oezil Dicadangkan

    Mesut Oezil saat melakukan pemanasan bersama pemain cadangan timnas Jerman jelang laga melawan Swedia.Mesut Oezil saat melakukan pemanasan bersama pemain cadangan timnas Jerman jelang laga melawan Swedia. (REUTERS/Michael Dalder)
    Untuk kali pertama sejak debut bersama timnas Jerman Mesut Oezil dicadangkan dalam pertandingan resmi di turnamen utama seperti Piala Dunia atau Piala Eropa. Sebelumnya Oezil sudah 26 kali beruntun menjadi starter di timnas Jerman.
  • 24 Jun 00:26

    Susunan Pemain: Jerman Melakukan Empat Perombakan

    Timnas Jerman melakukan empat perombakan di starter untuk menghadapi Swedia. Mats Hummels, Marvin Plattenhardt, Mesut Oezil, dan Sami Khedira merupakan nama-nama yang tidak dimainkan sejak awal dan digantikan oleh Antonio Ruediger, Jonas Hector, Sebastian Rudy, serta Marco Reus.



    Susunan Pemain

    Jerman: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Antonio Ruediger, Jonas Hector; Marco Reus, Sebastian Rudy, Toni Kroos, Thomas Mueller, Julian Draxler; Timo Werner.

    Swedia: Robin Olsen; Mikeal Lustig, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Marcus Berg, Ola Toivonen.
  • 24 Jun 00:26

    Selamat Pagi!

    Selamat pagi pembaca CNNIndonesia.com!

    Kali ini CNNIndonesia.com akan menyajikan live report matchday kedua Grup F Piala Dunia 2018 antara Jerman lawan Swedia di Stadion Fisht. Bersama saya, Surya Sumirat, selamat mengikuti.

Related Articles