Hamilton Sempat Kecelakaan, Vettel Menang F1 GP Inggris

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 08/07/2018 22:43 WIB
Hamilton Sempat Kecelakaan, Vettel Menang F1 GP Inggris Sebastian Vettel menang F1 GP Inggris. (REUTERS/Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebastian Vettel berhasil memenangkan Formula One (F1) Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (8/7).

Pebalap tim Ferrari itu menang melalu balapan yang sarat drama mengalahkan rival utamanya, Lewis Hamilton, yang meraih podium kedua. Pebalap tuan rumah itu bangkit setelah sempat mengalami kecelakaan.

Mobil Hamilton disodok Kimi Raikkonen pada Tikungan Tiga pada awal-awal lap sehingga mobilnya berputar dan ia melorot di posisi belakang.


Dua peridoe Safety Car pun menjadi momen kebangkitan pebalap Mercedes tersebut untuk bangkit dan menyodok ke barisan depan bersaing dengan Vettel usai berada di urutan belakang.

Hamilton Sempat Kecelakaan, Vettel Menang di F1 GP Inggris
Rekan Hamilton, Valtteri Bottas juga memanfaatkan momen itu untuk bersaing di posisi depan. Namun, Bottas harus puas di posisi keempat di belakang Raikkonen yang merebut podium ketiga.

Raikkonen sendiri mendapat penalti 10 detik karena menabrak Hamilton. Meski demikian, ia masih mampu mempertahankan posisi ketiga hingga finis.

Lewis Hamilton sempat ditabrak Kimi Raikkonen di awal-awal lap balapan F1 GP Inggris. (Lewis Hamilton sempat ditabrak Kimi Raikkonen di awal-awal lap balapan F1 GP Inggris. (Reuters/Matthew Childs)
Kecelakaan yang dialami Hamilton dengan Raikkonen memang menjadi keuntungan tersendiri bagi Vettel. Ia mampu menyodok di posisi pertama setelah meraih start di posisi kedua.

Sebaliknya, Hamilton gagal menang F1 GP Inggris setelah start di posisi terdepan karena ditabrak Raikkonan. Rekan Vettel di Ferrari itu pun tetap berada di posisi ketiga, sama dengan posisi startnya.

Sementara itu, Daniel Ricciardo berhasil menyodok di posisi kelima setelah start di peringkat keenam. Ia mendapatkan keuntungan karena Max Verstappen yang start di posisi kelima mengalami kecelakaan dan tak bisa melanjutkan balapan.

Kemenangan tersebut juga membuat Vettel masih memimpin klasemen sementara F1 musim ini dengan mengantongi 171 poin. Hamilton tetap di peringkat kedua dengan mengumpulkan 163 poin. Di peringkat ketiga adalah Kimi Rakkonan dengan torehan sementara 116 poin. (bac)