Paus Fransiskus Hibur Suporter Brasil: Akan Sukses Lain Waktu

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Senin, 09/07/2018 17:59 WIB
Paus Fransiskus Hibur Suporter Brasil: Akan Sukses Lain Waktu Paus Fransiskus, di lapangan St. Peter, Vatikan, 1 April. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paus Fransiskus (81) menghibur para pendukung timnas Brasil yang gagal di Piala Dunia 2018 dan menyebut mereka akan punya kesempatan sukses di lain waktu.

Hal itu ia katakan saat bicara di hadapan peserta misa yang memadati Vatikan, Minggu (8/7).

"Saya melihat bendera-bendera Brasil, saya menyapa orang-orang Brasil dan menyemangati Anda," ujar pemimpin umat Katolik sejagat itu, dikutip dari Marca.


Neymar dan kawan-kawan sendiri gagal melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 usai takluk dari Belgia 1-2, di Kazan Arena, Rusia, Jumat (6/7) waktu setempat.

Neymar tampak kecewa, sementara para pemain timnas Belgia merayakan kemenangan.Neymar tampak kecewa, sementara para pemain timnas Belgia merayakan kemenangan. (REUTERS/Toru Hanai)
Dalam laga itu, Belgia menang lewat gol bunuh diri Fernandinho dan Kevin De Bruyne. Brasil hanya bisa membalasnya melalui gol Renato Augusto. Kesedihan pun menerpa skuat tim Samba dan warga Brasil.

"[Keberhasilan] itu akan terjadi lain waktu," lanjut Paus, yang merupakan kelahiran Argentina itu.

Suporter mengibarkan bendera Brasil dalam laga di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 6 Juli.Suporter mengibarkan bendera Brasil dalam laga di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 6 Juli. (REUTERS/Sergio Perez)
Ia kemudian mendoakan massa yang datang dan meminta mereka untuk berdoa.

Kegagalan timnas Brasil juga mendapat protes di dalam negeri. Dikutip dari Sportbible, bus timnas Brasil diadang sejumlah suporter. Pendukung juara Piala Dunia lima kali itu juga melempari tim kesayangannya dengan batu dan telur.
Petugas yang berada di lokasi tidak bisa berbuat banyak. Para petugas kemudian menghalau pelempar dan meminta mereka untuk tidak meneruskan perbuatannya. Tidak lama, bus itu kembali melanjutkan perjalanan.

Brasil masih merupakan negara dengan jumlah trofi Piala Dunia terbanyak. Jumlah lima gelar yang dimiliki Selecao hanya didekati Italia dan Jerman yang sudah mengoleksi empat gelar.

Kali terakhir Brasil juara adalah pada Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang.
(nva)