Luis Enrique Jadi Pelatih Timnas Spanyol

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 09/07/2018 20:10 WIB
Luis Enrique Jadi Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique menjadi pelatih teranyar timnas Spanyol. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain timnas Spanyol Luis Enrique yang pernah menangani AS Roma dan Barcelona ditunjuk menjadi pelatih La Furia Roja menggantikan Fernando Hierro.

Enrique telah menandatangani kontrak selama dua tahun untuk menjadi juru taktik Spanyol. Posisi pelatih di tim juara dunia tahun 2010 itu lowong setelah Hierro mundur dari kursi pelatih.

Jabatan pelatih di timnas Spanyol adalah yang pekerjaan pertama Enrique setelah meninggalkan Barcelona pada 2017. Selama tiga tahun menjadi pelatih di Barcelona, pria berusia 48 tahun itu telah mengoleksi tiga gelar Copa del Rey, dua gelar juara La Liga, satu gelar Liga Champions, satu trofi Supercopa Spanyol, satu piala Super Eropa dan sebuah gelar Piala Dunia Antarklub.


Luis Enrique Jadi Pelatih Timnas Spanyol
Sebelum menangani Barcelona, Enrique berpengalaman menangani tim Barcelona B, klub Celta Vigo dan AS Roma sejak 2008 hingga 2014.

Pertandingan pertama Enrique memimpin timnas Spanyol akan berlangsung di Stadion Wembley ketika menghadapi timnas Inggris.

Luis Enrique menangani Barcelona sejak 2014 hingga 2017.Luis Enrique menangani Barcelona sejak 2014 hingga 2017.  (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Timnas Spanyol mengalami kegagalan di Piala Dunia 2018 setelah kalah di babak 16 besar dari timnas Rusia.

Sebelumnya direktur olahraga Spanyol, Jose Francisco Molina, mengatakan membutuhkan pelatih modern yang sukses.

Sementara presiden federasi sepak bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales menegaskan telah menghubungi Enrique untuk menjadi pelatih timnas Spanyol.

"Kami tidak pernah berbicara kecuali dengan Luis Enrique. Kami menyukai komitmennya dan dia telah menolak tawaran dengan bayaran yang lebih baik demi menjadi pelatih timnas Spanyol," ujar Rubiales.

Selain Enrique sempat tersiar kabar pelatih lain seperti Quique Sanchez Florez, Michel, dan Pepe Mel menjadi kandidat pengganti Hierro. (arh)