Resmi ke Juventus, Ronaldo Pemain Termahal Liga Italia

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 23:48 WIB
Resmi ke Juventus, Ronaldo Pemain Termahal Liga Italia Final Liga Champions 2018 menjadi penampilan terakhir Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dalam sejarah Liga Italia setelah resmi bergabung dengan Juventus dari Real Madrid. Ronaldo mengalahkan rekor Gonzalo Higuain.

Madrid memastikan Ronaldo akan bergabung dengan Juventus setelah mencapai kesepakatan dengan klub raksasa Italia tersebut, Selasa (10/7). Namun, hingga kini nilai transfer Ronaldo ke Juventus masih menjadi simpang siur.

Sky Sports sebelumnya mengklaim transfer Ronaldo ke Juventus bernilai £105 juta (setara Rp1,9 triliun). Sementara dua media Spanyol, Marca dan AS, mengklaim Juventus mengeluarkan dana €105 juta atau setara Rp1,7 triliun untuk mendapatkan Ronaldo dari Madrid.


Dengan nominal transfer di atas, Ronaldo dipastikan menjadi pesepakbola termahal dalam sejarah Liga Italia. Rekor pemain termahal di Italia sebelumnya dipegang Higuain yang dibeli Juventus dari Napoli dengan transfer €90 juta pada 2016.

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Juventus setelah sembilan musim memperkuat Real Madrid.Cristiano Ronaldo bergabung dengan Juventus setelah sembilan musim memperkuat Real Madrid. (REUTERS/Tony Gentile)
Jika menggunakan mata uang pound sterling, Ronaldo berada di posisi tiga pemain termahal di dunia bersama Philippe Coutinho. Penyerang 33 tahun itu hanya kalah dari rekor transfer Kylian Mbappe dan Neymar.

Jika transfer Ronaldo ke Juventus menggunakan mata uang euro, maka Ronaldo menduduki peringkat empat pesepakbola termahal dalam sejarah. Ronaldo sejajar dengan Paul Pogba dan Ousmane Dembele.

Resmi ke Juventus, Ronaldo Pemain Termahal Liga Italia
Hingga kini baik Madrid dan Juventus belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait nilai transfer Ronaldo.

Ronaldo meninggalkan Madrid setelah sembilan musim bermain di Santiago Bernabeu. Selama memperkuat Madrid, Ronaldo sukses merebut 16 trofi, tampil di 438 pertandingan dan mencetak 451 gol. (jun)