Mbappe Belum Lahir Saat Prancis vs Kroasia pada 1998

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 15/07/2018 04:27 WIB
Kylian Mbappe menjadi satu-satunya pemain di final Piala Dunia 2018 yang belum dilahirkan saat Prancis melawan Kroasia di Piala Dunia 1998. Kylian Mbappe bahkan belum dilahirkan ketika Prancis bersua Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Kylian Mbappe menjadi salah satu sorotan utama jelang final Piala Dunia 2018 antara timnas Prancis vs Kroasia di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Laga ini menjadi ulangan pertarungan tim asal Balkan menghadapi Les Bleus. Tepatnya pada semifinal Piala Dunia 1998, 8 Juli, kedua tim pernah bentrok di Stade de France.

Saat itu Vatreni yang merupakan tim kejutan Piala Dunia akhirnya terhenti langkahnya setelah kalah 1-2 dari Didier Deschamps dan kawan-kawan.


Mbappe Belum Lahir Kala Prancis vs Kroasia pada 1998
Yang menarik, Mbappe menjadi satu-satunya pemain di skuat Prancis saat ini yang belum dilahirkan pada laga semifinal tersebut.

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu baru dilahirkan pada 20 Desember 1998 atau lima bulan 12 hari kemudian setelah gelaran semifinal Piala Dunia di Prancis.

Mbappe Belum Lahir Kala Prancis vs Kroasia pada 1998Kylian Mbappe saat bertemu salah satu idolanya, Thierry Henry, yang memilih menjadi asisten pelatih Belgia. (REUTERS/Dylan Martinez)
Ia merupakan pemain termuda di skuat Les Bleus, sedangkan Duje Caleta Car menjadi pemain termuda di skuat Kroasia. Bedanya, Caleta Car berstatus sebagai pemain cadangan, sementara Mbappe merupakan pemain yang kerap dimainkan sebagai starter.

Mbappe sendiri punya kans besar menjadi pemain muda ketiga peraih juara Piala Dunia setelah Pele dari Brasil dan legenda Italia Giuseppe Bergomi.

Pele yang saat itu masih 17 tahun berhasil mencetak dua gol ketika Brasil mengalahkan Swedia 5-2 di partai final Piala Dunia 1958.

Sementara Bergomi masih berusia 19 tahun dan ikut menjadi bagian dari sejarah Italia memenangi Piala Dunia 1982. Saat itu Gli Azzurri menang 3-1 dari Jerman Barat.

Kylian Mbappe sudah mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018.Kylian Mbappe sudah mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Pilar Olivares)
Fakta menarik lainnya, Deschamps menjadi satu-satunya saksi mata yang tersisa di skuat Prancis pada Piala Dunia 2018 ini yang pernah merasakan ketegangan semifinal di Paris 20 tahun silam.

Deschamps ikut dimainkan pelatih Prancis saat itu, Aime Jacquet, sebagai bek sekaligus kapten. Kali ini ia mengawal tim Les Bleus sebagai sang juru taktik, termasuk menangani Mbappe sang pemain muda fenomenal di Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan Zlatko Dalic yang bukan berasal dari skuat Kroasia di Piala Dunia 1998. Dalic bahkan tercatat tak pernah memperkuat Vatreni saat masih menjadi pemain. (har)