Veron: Timnas Argentina Jangan Bergantung Messi

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 03/08/2018 13:37 WIB
Veron: Timnas Argentina Jangan Bergantung Messi Timnas Argentina harus belajar tanpa Lionel Messi. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain timnas Argentina, Juan Sebastian Veron, menyarankan Albiceleste melepas ketergantungan terhadap pemain bintang Barcelona, Lionel Messi.

Timnas Argentina gagal melaju ke final Piala Dunia 2018 setelah disingkirkan Prancis di babak 16 besar. Prancis pun akhirnya menjuarai turnamen empat tahunan itu usai mengalahkan Kroasia di laga final.

Kegagalan Argentina di Rusia ikut menyeret Messi ke dalam persoalan. Skuat arahan Jorge Sampaoli dianggap tampil tanpa identitas dan amat bergantung pada sosok Messi.


Veron menilai Argentina harus belajar untuk bermain tanpa Messi dan mulai membangun kekuatan solid sebagai satu kesatuan tim.

"Ini saatnya membangun sebuah tim. Tentu, jika Messi ingin [menjadi bagian tim nasional], mereka harus melibatkan dia sedikit demi sedikit," kata Veron seperti dikutip dari ESPN Argentina.

Timnas Argentina terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2018.Timnas Argentina terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2018. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
"Saya rasa kami harus mempersiapkan dasar lagi dan memikirkan tentang sebuah tim, bukan memikirkan tentang seseorang yang dapat menyelamatkan kami," sambung Veron.

Sebagai salah satu pemain terbaik dunia, Messi selalu dibebankan untuk mengembalikan kejayaan Argentina. Namun, hingga kini Messi belum mampu mempersembahkan gelar juara bagi Argentina di level internasional.

Messi sempat menyatakan pensiun dari timnas Argentina setelah gagal di final Copa Amerika 2016. Namun, ia mengurungkan niatnya seiring dengan permintaan banyak pihak termasuk Diego Maradona.

Selepas kegagalan di Piala Dunia 2018, Messi belum mengumumkan masa depannya di timnas. Penyerang 31 tahun itu memilih berjalan libur dan kembali ke skuat Barcelona.

Federasi Sepakbola Argentina (AFA) sendiri baru menunjuk Lionel Scaloni dan Pablo Aimar sebagai pelatih sementara timnas Argentina. Keduanya akan memimpin Argentina pada dua laga persahabatan melawan Guatemala dan Kolombia pada September mendatang. (jun)