LIVE REPORT

Putra Permata Tegar Idaman
Putra Permata Tegar Idaman

CNN Indonesia

Sabtu, 18/08/2018 18:41 WIB

Momen Penting

LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018

LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari ini. Simak live report upacara pembukaan Asian Games 2018 di sini.

  • 18 Aug 21:25

    Sampai Jumpa!

    Terima kasih atas perhatian pembaca CNNIndonesia.com. Sampai jumpa di live report berikutnya!
  • 18 Aug 21:24

    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Selesai

    Upacara pembukaan Asian Games 2018 telah usai. Asian Games telah resmi dimulai. Selamat bertanding untuk atlet-atlet peserta Asian Games dan selamat berjuang untuk atlet-atlet Indonesia.
  • 18 Aug 21:18

    Ariel-Cakra Khan-Rian D'Masiv-Sheryl Sheinafia Nyanyikan Lagu Asian Games 2018

    Kuartet Ariel-Cakra Khan-Rian D'Masiv-Sheryl Sheinafia menyanyikan lagu Asian Games 2018 berjudul 'Bright as The Sun'.

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018(INASGOC/Wahyudin)
  • 18 Aug 21:08

    Anggun Nyanyikan Lagu Pemuda

    Anggun menyanyikan lagu berjudul Pemuda yang dipopulerkan Caseiro, band era 70-an dan 80-an.

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018CNN Indonesia/Safir Makki
  • 18 Aug 20:59

    Lanny Gumulya Bawa Obor Asian Games

    Legenda loncat indah, Lanny Gumulya masuk ke SUGBK membawa obor dan menyerahkannya kepada Arief Taufan, peraih emas Karate di Asian Games 1998.

    Api lalu kembali diberikan oleh Yustedjo Tarik, legenda tenis. Yustedjo berlari kemudian obor diberikan kepada Supriati Sutono, legenda atlet lari Indonesia yang kemudian menaiki bukit.

    Legenda layar, Oka Sulaksana jadi mantan atlet berikutnya yang memegang obor dan makin mendekati puncak.

    Susy Susanti jadi pemegang obor berikutnya. Susy Susanti kemudian menyulutkan obor ke puncak gunung yang kemudian berubah menjadi parade kembang api ke seluruh SUGBK.
  • 18 Aug 20:53

    Segmen Angin Usai, Disambut Segmen Api

    Segmen angin telah usai. Berikutnya adalah segmen api.

    Api adalah perlambang keberanian dan semangat berkompetisi bangsa Indonesia. Dalam segmen ini api dan lava menghidupkan jiwa dan raga bangsa yang berakar pada bumi. Api akan menjadi semangat dan inspirasi para pejuang olahraga, menyorakkan mereka menuju ke kemenangan di Asian Games 2018.

    Presiden Joko Widodo mengendarai motor di upacara pembukaan Asian Games 2018.Presiden Joko Widodo mengendarai motor di upacara pembukaan Asian Games 2018. (INASGOC/Dhoni Setiawan)
  • 18 Aug 20:48

    Kolaborasi Joey Alexander dan Putri Ayu

    Pianis jazz, Joey Alexander memamerkan kebolehannya memainkan tuts piano. Tak lama berselang, Putri Ayu menyanyikan lagu 'Melati Suci' diiringi Joey Alexander.

    Aksi Via Vallen di upacara pembukaan Asian Games 2018.Aksi Via Vallen di upacara pembukaan Asian Games 2018. (INASGOC/Wahyudin)
  • 18 Aug 20:44

    Apuse Disambut 'Garuda di Dadaku'

    Edo Kondologit menyanyikan lagu daerah Papua, Apuse dan langsung disambut oleh lagu 'Garuda di Dadaku' yang populer di kalangan suporter sepak bola.


  • 18 Aug 20:36

    Segmen Bumi Dimulai

    Segmen kedua, segmen bumi dimulai. Segmen ini adalah segmen dimana keindahan Indonesia dilambangkan dalam gerakan yang menggambarkan ragam budaya, warna, ekspresi, dan perspektif yang terjaga hingga ke masa kini.

    Segmen ini juga menampilkan cinta dan dedikasi anak Indonesia kepada bumi. Representasi tradisi dalam segmen ini bertujuan mengemas ragam budaya dalam tarian ritual dan tarian perang.

    Fatin dan Rossa tampil di segmen ini menyanyikan beberapa lagu daerah.
  • 18 Aug 20:32

    Raisa Nyanyikan 'Zamrud Khatulistiwa'

    Raisa menyanyikan lagu 'Zamrud Khatulistiwa' yang dipopulerkan oleh Chrisye.
  • 18 Aug 20:27

    Segmen Air Dimulai

    Segmen Air dalam Upacara Pembukaan Asian Games 2018 dimulai. Segmen ini menggambarkan samudera biru yang menyatukan ribuan pulau di Indonesia. Dimulai dari samudera yang bergejolak, merepresentasikan konflik di masa awal sejarah Indonesia.

    Kemudian air hadir menjadi penyatu, menenangkan gejolak dan membawa kedamaian bagi semua pulau.


  • 18 Aug 20:26

    Arki Dikania Wisnu dan Wahyana Bacakan Janji Asian Games

    Pebasket Indonesia, Arki Dikania Wisnu dan wasit Wahyana bacakan janji Asian Games.
  • 18 Aug 20:21

    Legenda Olahraga Bawa Bendera OCA

    Legenda olahraga Indonesia masuk membawa bendera OCA. Kedelapan legenda tersebut adalah Lely Sampurno, Suharyadi, Sri indriyani, Candra Wijaya, Lilis Handayani, Markis Kido, Kusumawardhani, dan Christian Hadinata.
  • 18 Aug 20:19

    Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018

    Presiden Jokowi lewat sambutannya resmi membuka Asian Games 2018.

    "Kita merasa terhormat kedatangan tamu-tamu istimewa dalam 45 negara. Dalam Asian Games ke-18, kita bangsa Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, bersatu, dan ingin meraih prestasi. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka!"
  • 18 Aug 20:12

    Presiden OCA Al Fahad Al Sabah Beri Sambutan

    Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Al Fahad Al Sabah memulai sambutan dengan mengucapkan selamat ulang tahun kemerdekaan untuk Republik Indonesia. 

    "Kami menunggu 56 tahun untuk kembali ke Indonesia untuk menyelenggarakan Asian Games. Stadion ini adalah warisan besar dari perjalanan Asian Games."

    "Atlet, ini adalah waktu untuk kalian bersinar. Kalian sudah berusaha keras untuk Asian Games. Saatnya bertarung dan jangan pernah menyerah. Kalian adalah energi Asia. Nikmati!"

    "Penonton, kalian bisa bangga dengan negara kalian, Indonesia," ucap Al Fahad Al Sabah.

    Al Fahad Al Sabah juga mengucapkan terima kasih kepada volunteer yang punya kontribusi besar untuk menyukseskan Asian Games, juga pada sponsor dan media. Al Fahad Al Sabah juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, pemerintah daerah Jakarta dan Palembang, Jusuf Kalla, dan juga rakyat Indonesia.

    "Kami mencintai kalian," ucap Al Fahad Al Sabah dalam bahasa Indonesia untuk mengakhiri sambutannya.
  • 18 Aug 20:08

    Presiden INASGOC Erick Thohir Beri Sambutan

    Presiden INASGOC Erick Thohir memberikan sambutan. Erick Thohir memberikan gambaran tentang keanekaragaman yang ada namun bisa tetap bisa bersatu. Indonesia adalah land of diversity menurut Erick Thohir.

    "Kepada seluruh kontingen, atlet, seluruh pihak yang terlibat, rakyat Indonesia bangga menyambut kedatangan saudara-saudara sebagai pahlawan sejati Asia. Marilah kita bertanding dengan nilai sportivitas untuk menjadi yang terbaik sehingga dikenang di masa mendatang."

    "Kita songsong masa depan Asia yang beradab. Dengan semangat 'energy of Asia', kita ciptakan Asia yang damai," ucap Erick Thohir.
  • 18 Aug 20:03

    Indonesia Raya Berkumandang!

    Indonesia Raya berkumandang. Tulus menyanyikan lagu tersebut diiringi koor dari puluhan ribu penonton yang memadati SUGBK.
  • 18 Aug 20:00

    Jokowi Menikmati Lagu

    Presiden Joko Widodo terlihat menikmati lagu. Jokowi tanpa ragu ikut berjoget mengikuti irama lagu.

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018(INASGOC/Widodo S Jusuf)
  • 18 Aug 19:57

    Via Vallen Nyanyikan Lagu Tema Asian Games 2018

    Via Vallen menyanyikan lagu berjudul 'Meraih Bintang' yang merupakan lagu tema di Asian Games 2018.
  • 18 Aug 19:50

    Kontingen indonesia Muncul!

    Siman Sudartawa, atlet renang menjadi pembawa bendera Indonesia dalam defile ini. Begitu kontingen Indonesia masuk, suara 'Indonesia, Indonesia' menggema di SUGBK.

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018Suasana di SUGBK saat defile berlangsung. (INASGOC/Oscar Motuloh)
  • 18 Aug 19:45

    Kontingen Thailand Disambut Meriah

    Kontingen Thailand juga mendapatkan sambutan meriah. Thailand adalah negara Asia Tenggara yang mencatat prestasi terbaik di Asian Games 2014. Thailand duduk di posisi keenam empat tahun lalu.

    Kontingen Bhutan saat memasuki SUGBK.Kontingen Bhutan saat memasuki SUGBK. (REUTERS/Issei Kato)
  • 18 Aug 19:39

    Kontingen Palestina Mendapat Tepuk Tangan Meriah

    Kontingen Palestina yang memasuki arena mendapat tepuk tangan meriah. 
    SUGBK terlihat mewah dalam upacara pembukaan Asian Games 2018.SUGBK terlihat mewah dalam upacara pembukaan Asian Games 2018. (REUTERS/Issei Kato)
  • 18 Aug 19:33

    Tim Malaysia Memasuki Arena

    Tim Malaysia untuk Asian Games terlihat. Empat tahun lalu, Malaysia mencatat prestasi yang lebih baik dibandingkan Indonesia. Malaysia ada di posisi ke-14 dengan 5 emas 14 perak dan 14 perunggu, unggul dari Indonesia yang ada di posisi ke-17 dengan catatan 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu.

    Tari Saman yang jadi dipertunjukkan di awal upacara pembukaan Asian Games 2018.Tari Saman yang jadi dipertunjukkan di awal upacara pembukaan Asian Games 2018. (REUTERS/Issei Kato)
  • 18 Aug 19:29

    Kontingen Korea Bersatu di Defile

    Kontingen Korea Selatan dan Korea Utara bergabung dalam defile dengan membawa bendera Korea Bersatu. Dalam beberapa cabang olahraga, Korea Utara dan Korea Selatan juga bergabung sebagai sebuah tim.

    Penonton antusias menyaksikan Upacara Pembukaan Asian Games 2018.Penonton antusias menyaksikan Upacara Pembukaan Asian Games 2018. (REUTERS/Beawiharta)
  • 18 Aug 19:22

    Kontingen Jepang Masuki Arena

    Kontingen Jepang memasuki arena sambil membawa bendera Jepang dan Indonesia di tangan mereka. Jepang merupakan salah satu negara yang tangguh dalam Asian Games. Secara keseluruhan, Jepang adalah negara dengan jumlah medali emas terbanyak, hanya kalah dari China.

    Upacara Pembukaan tanda dimulainya Asian Games 2018.Upacara Pembukaan tanda dimulainya Asian Games 2018. (REUTERS/Willy Kurniawan)



  • 18 Aug 19:20

    Kontingen China Terlihat

    Kontingen China terlihat. China adalah negara terkuat di Asia dalam hal Asian Games. Pada tahun 2014, China adalah juara umum dengan catatan 151 emas, 109 perak, dan 85 perunggu, unggul jauh dari Korea Selatan yang ada di posisi kedua dengan 79 emas, 70 emas, dan 79 perunggu.
  • 18 Aug 19:16

    Defile Dimulai!

    Parade atlet-atlet yang berlaga di Asian Games dimulai. Kontingen asal Afghanistan jadi yang pertama berjalan, disusul Bahrain.
  • 18 Aug 19:13

    Tari Diiringi oleh Lagu Bungong Jeumpa

    Tarian saman diiringi oleh lagu Bungong Jeumpa yang berasal dari Provinsi Aceh. Koreografi tarian ini menunjukkan berbagai macam bentuk dan diakhiri dengan bendera Indonesia, Merah-Putih.
  • 18 Aug 19:10

    Pertunjukan Tari Saman Kolosal

    Tari Saman kolosal jadi pertunjukan berikutnya. Mengenakan kostum dengan warna emas dan putih, ribuan penari beraksi dan bergerak dengan kompak dan serasi.
  • 18 Aug 19:03

    Jokowi Naik Motor Awali Pembukaan Asian Games 2018

    Pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan aksi Presiden Joko Widodo naik motor! 
    Upacara pembukaan diawali oleh video Jokowi yang terjebak macet dalam perjalanan menuju SUGBK. Jokowi lalu memutuskan naik motor dan melewati jalan-jalan kecil di sekitaran SUGBK hingga akhirnya tiba di SUGBK.

    Jokowi lalu masuk ke SUGBK seiring berakhirnya video tersebut.
  • 18 Aug 19:01

    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Dimulai

    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Dimulai!
  • 18 Aug 19:00

    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Dimeriahkan Banyak Artis

    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 dimeriahkan oleh banyak artis, mulai dari Raisa, Ariel, Tulus, Via Vallen hingga Anggun.

    Daftar artis yang akan memeriahkan upacara pembukaan bisa di lihat di sini.
  • 18 Aug 18:49

    Penonton Padati SUGBK Sejak Sore

    Penonton sudah memadati kawasan SUGBK sejak sore. Gerbang menuju SUGBK sudah dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Kepadatan pengunjung begitu terlihat. Berikut foto-foto kepadatan kawasan SUGBK:

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018( CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018(CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

    LIVE: Upacara Pembukaan Asian Games 2018Foto: CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama
  • 18 Aug 18:41

    Asian Games adalah Momen Bersejarah

    Asian Games adalah momen bersejarah. Ini kali kedua Indonesia mendapatkan kesempatan jadi tuan rumah Asian Games setelah sebelumnya jadi tuan rumah pada Asian Games 1962. Melihat jarak 58 tahun antara kesempatan pertama dan kedua, jelas momen Asian Games ini sangat bersejarah.

    Karena itu banyak warga yang antusias untuk menonton langsung upacara pembukaan Asian Games ini. Tiket untuk upacara pembukaan ini pun sudah habis terjual.
  • 18 Aug 18:36

    Selamat Malam!

    Selamat Malam!

    CNNIndonesia.com akan menyajikan live report upacara pembukaan Asian Games 2018. Bersama saya, Putra Permata Tegar Idaman di kantor CNNIndonesia.com dan Muhammad Arby di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), selamat mengikuti.

Related Articles