Asian Games 2018

Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 07:34 WIB
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini Cabor bulutangkis nomor ganda putra dipastikan akan menyumbang medali emas pada hari ini. (ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia berpotensi menambah torehan medali pada sejumlah pertandingan Asian Games 2018 yang digelar Selasa (28/8). Atlet-atlet Indonesia memiliki kesempatan meraih medali perunggu atau emas pada hari ke-11 Asian Games 2018.

Peluang Indonesia meraih emas pertama pada hari ini bisa datang dari pemanah putri Diananda Choirunisa. Dalam lafa final recurve tunggal putri, Diananda akan menghadapi atlet asal China Xinyan Zhang di Lapangan Panahan Kompleks Gelora Bung Karno.

Jika memenangi pertandingan yang digelar mulai pukul 09.30 WIB itu, Diananda akan mencatatkan namanya dalam sejarah Indonesia di Asian Games. Pasalnya, medali emas nanti akan menjadi yang pertama untuk nomor individu di cabor panahan.


Selain panahan, cabor bulutangkis juga sudah dipastikan menyumbang medali emas dari nomor ganda putra. Maklum, dalam final yang dimulai pukul 14.20 WIB itu, finalis nomor ini merupakan sesama pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jonatan Christie yang bermain di nomor tunggal putra juga akan bertarung melawan pebulutangkis Taiwan, Chou Tienchen di pertandingan final pada pukul 12.00 WIB.

Jonatan Christie akan melakoni final tunggal putra melawan Chou Tienchen.Jonatan Christie akan melakoni final tunggal putra melawan Chou Tienchen. (REUTERS/Cathal Mcnaughton)
Yang tidak kalah seru dari cabor bulutangkis adalah final sepaktakraw di nomor regu putra, karena Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di Ranau Sport Hall, Palembang.

Cabang olahraga bola voli pantai juga menempatkan satu wakilnya di babak final melalui pasangan Ade Candra Rahmawan/Mohammad Ashfiya. Di final kali ini Ade/Ashfiya akan menghadapi pasangan Qatar, Ahmed Janko/Cherif Samba di Jakabaring Sport City.

Beberapa atlet loncat indah seperti Dewi Setyaningsih/Della Dinarsari Harimurti akan tampil di final nomor sinkronisasi 10 meter platform putri. Sedangkan Tri Anggoro Priambodo/Adityo Restu Putra akan berlaga di final sikronisasi 3 meter springboard putra.

Diananda Coirunisa dari panahan bisa menambah perolehan medali emas Indonesia.Diananda Coirunisa dari panahan bisa menambah perolehan medali emas Indonesia. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Tim berkuda Indonesia juga akan mencoba peruntungannya untuk mendapatkan medali dari nomor lompat rintang beregu di Jakarta International Equestrian Park.

Di samping peluang medali emas, atlet-atlet Indonesia juga akan berburu medali perunggu pada hari ini. Di antaranya pemanah putra Riau Ega Agata yang akan melawan Ilfat Abdullin dari Kazakhstan.

Pasangan bola voli pantai Gilang Ramadhan/Danangsyah Yudistira Pribadi juga akan memperebutkan perunggu melawan pasangan China Peng Hao/Li Yang.

Sampai dengan saat ini Indonesia sudah mengoleksi 22 medali emas, 15 perak, dan 27 perunggu untuk berada di peringkat keempat klasemen sementara Asian Games 2018. Indonesia hanya tertinggal enam medali emas dari Korea Selatan yang berada di posisi ketiga dan unggul lima emas atas Iran. (sry)