Asian Games 2018

Diananda Sumbang Perak untuk Indonesia di Asian Games 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 10:42 WIB
Diananda Sumbang Perak untuk Indonesia di Asian Games 2018 Diananda Choriunisa meraih medali perak di nomor recurve tunggal putri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cabang olahraga (cabor) panahan menyumbang medali perak Asian Games 2018 dari nomor recurve tunggal putri melalui Diananda Choirunisa di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Selasa (28/8).

Dalam laga final melawan pemanah asal China Xinyan Zhang, Diananda kalah 3-7. Di set pertama pertandingan kedua pemanah berjalan ketat. Diananda hanya kalah 28-30 di set pertama.

Persaingan makin ketat di set kedua, Diananda dan Zhang harus berbagi satu poin usai kedua atlet bermain imbang 28-28. Tertinggal 1-3 di set kedua membuat Diananda bangkit di set ketiga.


Diananda jadi pemanah Indonesia di nomor individu yang meraih perak Asian Games.Diananda jadi pemanah Indonesia di nomor individu yang meraih perak Asian Games. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pada set ketiga Diananda menang 28-27 hingga membuat skor imbang 3-3. Dengan skor imbang itu permainan terpaksa akan dilanjutkan hingga lima set. Tetapi performa Diananda di set keempat tidak sebaik tiga set sebelumnya.

Di set keempat Diananda menyia-nyiakan mendapat poin yang banyak setelah dua anak panah pertamanya hanya mendapat 7 dan 8 poin. Zhang pun bisa bisa menutup set keempat dengan kemenangan 29-24 untuk kembali unggul 5-3.

Riau Ega Agata sumbang medali perunggu dari nomor recurve tunggal putra.Riau Ega Agata sumbang medali perunggu dari nomor recurve tunggal putra. (REUTERS/Issei Kato)
Di set kelima yang menjadi penentuan kedua pemanah diakhiri Zhang dengan kemenangan 30-27, sekaligus menang dengan skor 7-4. Hasrat Indonesia meraih emas pertama panahan dari nomor individu di Asian Games pun kandas. Untuk medali perunggu di nomor recurve tunggal putri menjadi milik atlet Korea Selatan, Chaeyoung Kang.

Kendati demikian, medali perak yang didapat Diananda di Asian Games 2018 merupakan sejarah cabor panahan di multievent terbesar di Asia ini. Karena ini menjadi final sekaligus perak pertama nomor individu panahan di pesta olahraga empat tahunan.

Selain Diananda yang meraih perak, panahan juga mendapatkan medali perunggu dari nomor recurve tunggal putra melalui Riau Ega Agata. Di perebutan medali perunggu Ega mengalahkan pemanah asal Kazakhstan Ilfat Abdullin 6-2.

Medali emas di nomor recurve tunggal putra diraih pemanah Korea Selatan Kim Woojin yang mengalahkan kompatriotnya, Lee Wooseok, dengan skor 6-4. (jun)