Galang Hendra Sudah Jadi Momok Pebalap Eropa

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 30/08/2018 06:57 WIB
Galang Hendra Sudah Jadi Momok Pebalap Eropa Galang Hendra mampu beradaptasi dengan baik di kelas World SSP300. (Dok. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru menjalani musim pertama di World Super Sport 300, Galang Hendra Pratama sudah disegani pebalap-pebalap Eropa yang menguasai ajang balap motor tersebut.

Pada musim pertama bersaing di lintasan WorldSSP300 Galang berhasil menjadi juara di seri Brno, Republik Ceko. Dari enam balapan yang sudah dilalui, pebalap kelahiran 1999 itu berhasil mengumpulkan 52 poin dan berada di peringkat keenam pada klasemen pebalap sementara.

Peringkat pertama WorldSSP saat ini ditempati Ana Carrasco asal Spanyol dengan 84 poin, disusul Luca Gruenwald asal Jerman dengan 68 poin. Sementara pebalap yang berada di urutan ketiga hingga kelima memiliki poin di bawah 60.


Selain di Brno, Galang juga meraih poin ketika adu kebut di Imola, Donington Park, dan Misano. Galang pun tercatat sebagai pebalap bermotor Yamaha yang memiliki peringkat teratas di klasemen pebalap.

Galang Hendra akan menyelesaikan dua seri lagi pada World SSP300 musim 2018.Galang Hendra akan menyelesaikan dua seri lagi pada World SSP300 musim 2018. (Dok. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Keberhasilan Galang menembus persaingan papan atas membuat penggemar Valentino Rossi itu mendapat perhatian dari para pebalap lain.

"Kalau sekarang pebalap-pebalap lebih sering mengajak untuk mengobrol. Kalau dulu hanya dilihat saja. Tapi sekarang, seperti waktu di Brno, di Misano, pebalap lain mulai menganggap [keberadaan saya]," ujar Galang.

"Saya tidak masalah seperti itu, saya biasa saja. Karena kalau terlalu dianggap [berteman dengan pebalap lain] nanti di balapan kan enggak bisa lepas membalapnya, ada rasa enggak enak," sambungnya.

Ketika di lintasan pun, Galang menilai rival-rivalnya berupaya menghindari keberadaannya.

"Keuntungan saya kan badannya kecil jadi gampang untuk selap-selip. Kalau mereka di depan dan saya di belakang, mereka enggak mau diikutin [racing line]," ucap Galang.

Dengan sisa dua balapan lagi di WorldSSP300, Galang dan Yamaha tidak ingin sesumbar menargetkan poin. Penunggang motor YZF-R3 itu hanya memastikan kesiapannya tampil semaksimal mungkin.

Galang masih berpeluang menembus peringkat tiga besar karena memiliki jarak yang cukup dekat dengan pebalap yang menempati peringkat ketiga hingga kelima.