Del Piero: Ronaldo Lebih Penting dari Zidane di Real Madrid

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 05:50 WIB
Del Piero: Ronaldo Lebih Penting dari Zidane di Real Madrid Alessandro Del Piero menganggap kontribusi Cristiano Ronaldo lebih besar dari Zinedine Zidane. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Juventus, Alessandro Del Piero, menilai Cristiano Ronaldo lebih penting dari sosok Zinedine Zidane di tengah kejayaan Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions beruntun.

Kehadiran Zinedine Zidane di kursi pelatih Los Blancos dalam 2,5 musim terakhir juga memberikan dampak. Namun, Del Piero meanggap kejayaan El Real tak lepas dari kontribusi besar Ronaldo yang musim ini hijrah ke Juventus.

"Saya pikir tidak ada pelatih yang lebih penting dari Cristiano Ronaldo," kata Del Piero seperti yang dikutip ESPN, Kamis (13/9).


"Zizou [Zidane] telah melakukan pekerjaan yang luar biasa di atas ekspektasi semua orang. Tapi, dia [Ronaldo] seorang juara yang luar biasa dan memiliki mentalitas seorang olahragawan sejati," sambungnya.

Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane meraih penghargaan FIFA.Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane meraih penghargaan FIFA. (REUTERS/Eddie Keogh)
Lebih lanjut, Del Piero yakin Juventus menjadi klub yang patut diwaspadai karena kehadiran Ronaldo. Ia juga memprediksi Juve layak dianggap sebagai favorit Liga Champions.

"Real Madrid ada di urutan pertama dalam daftar tim favorit juara karena mereka memenangi trofi tiga kali beruntun meski kehilangan Ronaldo," ujar mantan pemain timnas Italia.

"Di urutan kedua ada Juve, [Manchester] City dan PSG. Lalu di baris ketiga ada Barcelona, Bayern [Munich] dan Liverpool. Saya harap klub-klub Italia lolos babak 16 besar Liga Champions dan Liga Eropa," sambungnya.

Cristiano Ronaldo memulai petualangan baru bersama Juventus.Cristiano Ronaldo memulai petualangan baru bersama Juventus. (REUTERS/Alberto Lingria)
Ronaldo resmi bergabung dengan Juventus setelah meninggalkan Real Madrid pada 10 Juli 2018. Pihak Madrid mengklaim Ronaldo yang meminta langsung untuk pindah ke Juventus.

Memperkuat Madrid sejak 2009, Ronaldo menjelma sebagai top skor sepanjang masa Los Blancos dengan 451 gol. Total 16 gelar yang berhasil direbut Ronaldo, termasuk empat gelar Liga Champions.

Penyerang Timnas Portugal ini disebut-sebut menerima gaji sebesar €31 juta atau berkisar Rp533 miliar per tahun di Juventus. Angka itu diterima Ronaldo setelah dipotong pajak.

Jumlah itu merupakan gaji yang tertinggi bagi pesepakbola profesional di Liga Italia. Bayaran Ronaldo itu bahkan tiga kali lipat lebih besar dari Gonzalo Higuain yang merupakan pemain dengan gaji tertinggi kedua. (jun/ptr)