Batasan Gaji Barcelona Unggul Rp1,2 Triliun dari Real Madrid

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 22:59 WIB
Batasan Gaji Barcelona Unggul Rp1,2 Triliun dari Real Madrid Batasan gaji Barcelona lebih tinggi dari Real Madrid. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas La Liga merilis daftar batasan gaji klub-klub di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Spanyol. Kali ini Barcelona punya batas gaji lebih tinggi Rp1,2 triliun dari rivalnya, Real Madrid.

Batasan ini ditetapkan berdasarkan banyak faktor, termasuk dari segi pemasukan klub dan uang hasil jual beli pemain. Blaugrana menjadi tim yang paling unggul dalam urusan ini.

Musim ini Barcelona memuncaki daftar batas gaji pemain, pelatih, dan staf ofisial mencapai €632,97 juta atau setara Rp11 triliun. Jumlah ini lebih banyak Rp1,2 triliun dari Real Madrid yang hanya mencapai €566,53 juta atau sekitar Rp9,8 triliun.


Salah satu alasan utama mengapa Barcelona diizinkan menggelontorkan uang lebih banyak untuk gaji berkaitan dengan fakta bahwa mereka telah menyajikan pendapatan yang lebih bersal dari Los Blancos.

Penjualan Paulinho menambah pemasukan Barcelona.Penjualan Paulinho menambah pemasukan Barcelona. (AFP PHOTO/MIGUEL RIOPA)
Kesepakan dengan apparel Nike dan berbagai sponsor telah mendatangkan pundi-pundi penghasilan yang signifikan. Belum lagi pemasukan dari penjualan pemain seperti Paulinho, Lucas Digne, Yerry Mina, Aleix Vidal, Gerard Deulofeu, dan Andre Gomes.

Barcelona juga menyertakan pendapatan dari transfer Neymar ke Paris Saint-Germain mencapai €222 juta. Hal ini membuat laporan keuangan Barcelona semakin gemuk.

Faktor lain yang membuat Barcelona berhak menerima batasan gaji lebih tinggi karena mencakup semua bagian olahraga klub. Klub Catalan itu memiliki lebih banyak aktivitas seperti klub sepak bola wanita, futsal, dan lain-lain.

Sebagian dana penjualan Cristiano Ronaldo akan digunakan pembangunan Stadion Santiago Bernabeu.Sebagian dana penjualan Cristiano Ronaldo akan digunakan pembangunan Stadion Santiago Bernabeu. (REUTERS/Massimo Pinca)
Sementara Real Madrid tak memasukan semua hasil penjualan Cristiano Ronaldo ke Juventus di dalam perhitungan batasan gaji. Ronaldo sendiri dilepas dengan banderol €105 juta.

Real Madrid berencana menyisihkan €45 juta dari transfer sang megabintang untuk pengembangan Stadion Santiago Bernabeu. Dengan demikian, batas gaji tim Ibu Kota Spanyol itu bisa meningkat di musim depan.

Batasan Gaji 5 Klub Elite La Liga:

1. Barcelona €632,9 juta
2. Real Madrid €566,5 juta
3. Atletico Madrid €293 juta
4. Valencia €164,6 juta
5. Sevilla €162,7 juta (jun)