Gaji Milla di Indonesia Diklaim Setara Pelatih Piala Dunia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 19:15 WIB
Gaji Milla di Indonesia Diklaim Setara Pelatih Piala Dunia Gaji Luis Milla setara dengan bayaran pelatih-pelatih di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Luis Milla disebut mengantongi jumlah gaji yang cukup tinggi di Timnas Indonesia, bahkan tidak jauh berbeda dengan sejumlah pelatih papan atas di ajang Piala Dunia 2018.

Sumber CNNIndonesia.com menyebut nilai kontrak Luis Milla bersama Timnas Indonesia per tahun mencapai €2 juta atau setara dengan Rp34 miliar. Jumlah itu didapat mantan pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut setelah bersih dari pajak.

Nominal gaji yang diterima Milla per tahunnya tidak jauh berbeda dengan sejumlah nama besar seperti Didier Deschamps yang melatih timnas Prancis atau Adenor Leonardo Bacchi yang akrab disapa Tite saat menukangi Timnas Brasil di Piala Dunia 2018.


Dikutip dari Mirror, dengan gaji sebesar itu bayaran yang diterima Milla jelas melebihi angka yang diterima manajer timnas Inggris Gareth Southgate. Pasalnya, bersama The Three Lions Southgate hanya mendapat Rp32 miliar per tahun.

Besaran gaji yang diperoleh Milla tersebut terbilang cukup besar. Namun, dua target utama yang dibebankan kepada Milla bersama Timnas Indonesia tidak ada yang terpenuhi, mulai dari gagal meraih medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan gagal meraih posisi empat besar di Asian Games 2018.

Meski begitu, federasi sepak bola Indonesia [PSSI] masih berniat untuk memperpanjang kontrak Luis Milla bersama Timnas PSSI tanpa mengurangi nilai kontrak sebelumnya. Berikut 3 Pelatih di Piala Dunia 2018 dengan gaji selevel Luis Milla:

1. Joachim Loew

Joachim Loew merupakan pelatih dengan gaji tertinggi di Piala Dunia 2018.Joachim Loew merupakan pelatih dengan gaji tertinggi di Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / YURI CORTEZ)
Joachim Loew merupakan pelatih timnas Jerman di Piala Dunia 2018. Pelatih 58 tahun itu digaji €3,7 juta atau atau Rp64,5 miliar per tahun oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Per bulan, pelatih yang membawa Jerman meraih gelar juara di Piala Dunia 2014 itu mengantongi Rp5,3 miliar atau €305 ribu.

2. Didier Deschamps

Gaji Deschamps setara dengan pelatih Brasil, Tite.Gaji Deschamps setara dengan pelatih Brasil, Tite. (REUTERS/Pilar Olivares)
Didier Deschamps adalah sosok yang berhasil membawa Tim Ayam Jantan Prancis meraih gelar juara di Piala Dunia 2018 Rusia lalu. Pelatih 49 tahun itu digaji €3,3 juta per tahun atau sekitar Rp57,2 miliar oleh FFF (Federasi Sepak Bola Prancis).

3. Gareth Southgate

Gareth Southgate yang membawa timnas Inggris ke semifinal memiliki gaji di bawah Luis Milla.Gareth Southgate yang membawa timnas Inggris ke semifinal memiliki gaji di bawah Luis Milla. (REUTERS/Henry Romero)
Timnas Inggris memasuki masa-masa baru saat dipimpin Gareth Southgate jelang Piala Dunia 2018. Southgate diketahui menerima gaji sebesar €1,9 juta atau sekitar Rp32,9 miliar dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA). (TTF/sry)