Laporan dari Malaysia

Raja Isa Dukung Timnas Indonesia U-16 daripada Malaysia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 10:06 WIB
Raja Isa Dukung Timnas Indonesia U-16 daripada Malaysia Timnas Indonesia U-16 lebih diunggulkan Raja Isa ketimbang Malaysia di Piala Asia U-16 2018. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Selangor, CNN Indonesia -- Pelatih asal Malaysia Raja Isa bin Raja Akram Shah memfavoritkan Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia U-16 2018. Bahkan mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengaku lebih memilih Indonesia dibandingkan Malaysia.

"Saya pilih Timnas Indonesia U-16, karena saat ini saya membantu Indonesia. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," ujar Raja Isa kepada CNNIndonesia.com di lapangan latihan Wisma FAM, Kamis (20/9).

Raja Isa bukan sosok asing bagi sepak bola Indonesia. Pelatih 52 tahun itu lebih banyak berkarier sebagai pelatih di Indonesia ketimbang Malaysia. Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan PSMS Medan adalah sejumlah klub Liga Indonesia yang pernah dilatih Raja Isa.


Jelang Piala Asia U-16, Raja Isa membantu persiapan Timnas Indonesia U-16 selama berada di Malaysia. Raja Isa turut memfasilitasi arena berlatih serta laga uji coba Timnas Indonesia U-16 melawan klub lokal Malaysia seperti Sime Darby dan Felda United.

Raja Isa membantu persiapan Timnas Indonesia U-16 jelang Piala Asia U-16 2018.Raja Isa membantu persiapan Timnas Indonesia U-16 jelang Piala Asia U-16 2018. (CNN Indonesia/Nova Arifianto)
"Saya dihubungi pak Johar Lin Eng [anggota komite eksekutif PSSI] dan ibu Ratu [Tisha, sekjen PSSI] meminta saya kalau bisa membantu. Kebetulan saya baru pulang liburan dan keluarga juga mendukung," ujar Raja Isa.

Bagi Raja Isa permintaan dari PSSI merupakan kepercayaan yang besar. Rekam jejak sepuluh tahun mencari nafkah di Indonesia tidak dipungkiri turut membuatnya menerima tawaran PSSI.

"Saya dibesarkan oleh sepak bola Indonesia. Membuat sesuatu yang baik kepada orang atau negara Indonesia yang memberi saya kesempatan menjadi pelatih, melalui pengalaman dan berada di negara besar adalah sesuatu yang luar biasa," ucap Raja Isa.

Raja Isa yakin Fakhri Husaini bisa semakin sukses bersama Timnas Indonesia U-16.Raja Isa yakin Fakhri Husaini bisa semakin sukses bersama Timnas Indonesia U-16. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
"Saya hanya membantu karena punya hubungan dengan Indonesia, tidak ada maksud cari muka," sambung pelatih kelahiran Selangor tersebut.

Lebih lanjut Raja menilai perkembangan sepak bola di Indonesia memiliki potensi besar seperti keberadaan Timnas Indonesia U-16 saat ini. Raja Isa juga yakin Fakhri Husaini bisa membawa Timnas Indonesia U-16 meraih sukses lebih banyak.

"Kami sudah saling mengenal di Liga Super yang lalu di PKT Bontang. Saya melihat beliau sebagai figur kebapakan, Fakhri harus diberi waktu, harus kekal bersama tim untuk tahun-tahun ke depan. kalau bisa sabar, seperti Vietnam, maka bisa berhasil," ujar Raja Isa.

Timnas Indonesia U-16 akan menjalani laga pertama di Piala Asia U-16 2018 dengan melawan Iran di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (21/9). (nva/har)