Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-19 Tunggu Malaysia di Final

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 13:26 WIB
Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-19 Tunggu Malaysia di Final Indra Sjafri mengatakan Timnas Indonesia U-19 menunggu Timnas Malaysia U-19 di final Piala Asia U-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri enggan mengomentari ungkapan pelatih timnas China Cheng Yaodong yang menyebut gaya bermain timnya sama dengan Malaysia.

Indra menyebut tidak akan mengomentari permainan calon lawannya di Piala Asia U-19 2018.

"Itu kan anggapan pelatih [timnas] China, ya. Itu enggak perlu saya tanggapi. Malaysia jauh di Grup D, kalau ketemu, kami tunggu di final [Piala Asia U-19]," ucap Indra usai latihan Timnas Indonesia U-19 di Lapangan C Senayan, Jumat (21/9).


Sementara itu terkait evaluasi permainan Witan Sulaiman dan kawan-kawan, Indra lebih menitikberatkan kepada serangan demi serangan. Ia meminta kepada para pemainnya untuk tidak mudah kehilangan bola.

Timnas Indonesia U-19 kalah dari Malaysia di semifinal Piala AFF U-19. (Timnas Indonesia U-19 kalah dari Malaysia di semifinal Piala AFF U-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Indra pun enggan menyebut jika akan kembali menguji coba para pemainnya di Turnamen Segitiga yang menjadi salah satu uji coba persiapan Timnas Indonesia U-19 jelang Piala AFC mendatang.

"Kalau coba semua [pemain] tentu sudah bukan waktunya lagi ya, karena ini uji coba internasional. Ini adalah uji coba tim-tim yang 80 persennya adalah tim yang akan mengisi skuat di Piala AFC," terang Indra Sjafri.

Mantan pelatih Bali United itu juga berterima kasih kepada PSSI karena telah menyediakan lawan-lawan uji coba dengan kualitas yang bagus. Selain Thailand dan China yang ikut di Turnamen Segitiga, Timnas Indonesia U-19 juga akan melakoni uji coba bersama Arab Saudi dan Yordania.

"Ya itu yang kami cari, memang yang kualitasnya bagus karena di Piala AFC nanti kan kualitasnya bagus. Bagaimana sikap kami, keputusan-keputusan kami di lapangan, taktik menghadapi mereka," sebutnya.

Meski begitu, Indra Sjafri enggan membeberkan strategi yang bakal dimainkannya di Turnamen Segitiga 21-25 September mendatang di Stadion Pakansari, Cibinong. Indonesia akan berhadapan lebih dulu dengan Thailand, Minggu (23/9) sebelum menghadapi China, Selasa (25/9).

"Tolok ukurnya sejauh mana para pemain bisa mengimplementasikan persiapan taktik untuk Piala AFC nanti. Contoh, cara pertahanan yang kami inginkan, setelah bertahan dia mau bagaimana. Termasuk formasi tim dan orang-orang yang mengisi formasi itu seperti apa," jelasnya. (TTF/har)


BACA JUGA