Analisis

Halo Real Madrid, Mulai Rindu Ronaldo?

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 18:14 WIB
Halo Real Madrid, Mulai Rindu Ronaldo? Real Madrid untuk kali ketiga beruntun gagal mencetak gol. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanda-tanda Real Madrid kehilangan sosok Cristiano Ronaldo sudah mulai terlihat. Seberapa keras penampikan yang dilakukan pihak Los Blancos, tapi statistik di atas lapangan tidak bisa berbohong.

Madrid menelan kekalahan ketiga musim ini saat tumbang di tangan CSKA Moskow 0-1 pada pertandingan Liga Champions di Stadion Luzhniki, Rabu (3/10) dini hari WIB. Sebelumnya El Real dikalahkan Atletico Madrid di Piala Super Eropa 2018 dan Sevilla di La Liga Spanyol.

Madrid sudah tidak pernah menang dan mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Sebelum dikalahkan CSKA, tim asuhan Julen Lopetegui itu dikalahkan Sevilla 0-3 dan ditahan imbang Atletico pada pertandingan Liga Spanyol.


Pihak Madrid langsung mengeluarkan pembelaan usai dikalahkan CSKA. Pemain Terbaik Dunia 2018 Luka Modric mengatakan Madrid sedang tidak dalam krisis. Sementara pelatih Lopetegui mengklaim tim asuhannya hanya tidak beruntung ketika dikalahkan CSKA, terlebih setelah tiga peluang hanya membentur tiang gawang.

Real Madrid dikalahkan CSKA Moskow 0-1 di Liga Champions.Real Madrid dikalahkan CSKA Moskow 0-1 di Liga Champions. (REUTERS/Tatyana Makeyeva)
Sebagai salah satu klub terbaik di dunia Madrid memang tidak layak panik saat kompetisi baru di awal musim. Tapi, Madrid tidak bisa menampik ada sesuatu yang kurang dalam tim, yakni sosok pemain penentu di lini depan seperti Ronaldo.

Statistik menunjukkan Madrid sudah 319 menit tidak mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Ini adalah kali pertama sejak Januari 2007 di bawah asuhan pelatih Fabio Capello Madrid tidak mencetak gol di tiga laga beruntun. Ketika itu Madrid dikalahkan Huelva 0-3, kalah dari Deportivo La Coruna 0-2 dan ditahan imbang Real Betis tanpa gol.

Madrid sebenarnya tidak bermain buruk di tiga laga terakhir. Marco Asensio dan kawan-kawan tetap bermain agresif. Saat melawan CSKA contohnya. Madrid melakukan 26 usaha tendangan ke gawang, namun tidak ada yang bersarang di gawang CSKA.

Ketika ditahan imbang Atletico, Madrid melakukan enam shot on target. Sementara saat dikalahkan Sevilla, El Real melepaskan 21 usaha tembakan ke gawang lawan meski hanya tiga yang tepat sasaran.

Jelas terlihat Madrid kehilangan sosok Ronaldo di lini depan. Madrid tidak memiliki pemain yang pengaruhnya sangat besar dalam serangan. Kehadiran pemain seperti Ronaldo tidak hanya bisa memberi gol. Ronaldo bisa membantu tim mencetak gol, menciptakan ruang untuk rekan setim, dan bahkan menjatuhkan mental lawan.

Cristiano Ronaldo memberi efek signifikan bagi Juventus meski baru mencetak tiga gol.Cristiano Ronaldo memberi efek signifikan bagi Juventus meski baru mencetak tiga gol. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Ronaldo memang baru mencetak tiga gol untuk Juventus dari delapan pertandingan di semua kompetisi. Tapi, kehadiran Ronaldo benar-benar sangat signifikan bagi Juventus hingga kini mampu menyapu bersih delapan kemenangan beruntun.

Terakhir Ronaldo tidak mencetak gol saat Juventus mengalahkan Napoli 3-1, tapi pemain asal Portugal itu menciptakan dua assist dan menjadi kreator gol kedua yang dicetak Mario Mandzukic.

Madrid memang masih punya Gareth Bale, Karim Benzema, atau Marco Asensio. Tapi, tidak ada pemain yang memiliki kemampuan dan karisma seperti Ronaldo.

Sosok Mariano Diaz yang kini mengenakan nomor punggung 7 di Madrid juga tidak banyak membantu. Penyerang asal Republik Dominika itu lebih sering duduk di bangku cadangan. Sedangkan Vinicius Junior lebih sering bermain untuk tim junior Madrid.

Kegagalan Madrid mendapatkan Eden Hazard atau Kylian Mbappe di awal musim ini sebagai pengganti Ronaldo mulai terasa. Madrid mulai merindukan sosok pemain seperti Ronaldo. (har/ptr)