Tambah Tiga Medali, Indonesia Koleksi 28 Emas di APG 2018

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 17:50 WIB
Tambah Tiga Medali, Indonesia Koleksi 28 Emas di APG 2018 Pecatur Indonesia Tati Karhati (kiri) meraih medali emas di Asian Para Games 2018. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia terus menambah pundi-pundi medali emas di Asian Para Games 2018 setelah tiga emas tambahan didapat dari cabang lawn bowls dan catur, Jumat (12/10).

Kontingen Indonesia memperkukuh posisi di peringkat keenam klasemen sementara perolehan medali Asian Para Games 2018. Tambahan tiga medali emas yang diraih dari ganda campuran cabang olahraga lawn bowls dan dua dari tunggal putra-putri cabor catur membuat Indonesia memiliki 28 medali emas.

Hingga pukul 17.45 WIB, total Indonesia meraih 112 medali dengan rincian 28 emas, 41 perak, dan 43 perunggu. Dengan capaian itu Indonesia kini kukuh di peringkat keenam klasemen sementara. Sampai berita ini diturunkan Indonesia unggul enam medali emas atas Thailand dan tertinggal empat medali emas dari Uzbekistan yang berada di posisi kelima.


Tiga medali emas yang diraih kontingen Indonesia pada hari Jumat berasal dari ganda campuran cabor lawn bowls kelas B2 melalui pasangan Julia Verawati/Kacung. Dua emas lainnya dari cabor catur.

Lawn bowls sudah memberi lima medali emas untuk Indonesia di Asian Para Games 2018.Lawn bowls sudah memberi lima medali emas untuk Indonesia di Asian Para Games 2018. ((ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/ama/18)
Adalah Tati Hartati yang menyumbang satu medali emas di nomor individual rapid VI-B1. Satu emas lainnya diberikan oleh Edy Suryanto di nomor individual rapid VI-B1.

Emas yang diberikan Julia/Kacung merupakan yang kelima dari cabor lawn bowls. Sebelumnya empat medali emas lainnya diraih oleh Dwi Widiantoro, Suwondo, Mella Windasari, dan Julia Verawati sendiri. Julia meraih emas pertamanya di Asian Para Games 2018 dari nomor B2 open single putri.

Catur menjadi cabang pendulang emas terbanyak untuk Indonesia di Asian Para Games 2018.Catur menjadi cabang pendulang emas terbanyak untuk Indonesia di Asian Para Games 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Sementara dari cabang olahraga catur, medali yang diraih Tati dan Edy adalah yang kedelapan. Sejauh ini catur merupakan penyumbang medali emas terbanyak untuk kontingen Indonesia dengan delapan emas.

Para atletik berada di peringkat kedua dengan sumbangan enam emas, disusul lawn bowls (5 emas), tenis meja (4), renang (2), balap sepeda (1), bulutangkis (1), dan boling (1).

Dengan torehan 28 medali emas, kontingen Indonesia jauh melebihi target yang dibebankan pemerintah yaitu 16 medali emas dan berada di peringkat kedelapan. (sry/har)