Jokowi Belum Pasti Hadir di Penutupan Asian Para Games 2018

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 18:35 WIB
Jokowi Belum Pasti Hadir di Penutupan Asian Para Games 2018 Presiden Joko Widodo belum tentu hadir di penutupan Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo belum pasti hadir dalam acara penutupan Asian Para Games (APG) 2018 di Stadion Madya pada Sabtu (13/10).

Anggota panitia upacara penutupan yang bertanggungjawab di bidang keamanan, Christian Hasiholan, mengatakan hingga kini baru Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dipastikan hadir.

"Keamanan dari Polda [Metro Jaya] menurunkan sekitar 7 ribu personel, dari Dishub itu sekitar 500, dari Satpol PP ada sekitar 800 orang," kata Chris usai konferensi pers di GBK Arena pada Jumat (12/10).


"Lalu dari Paspamres sendiri ada 586 orang, karena mereka sudah menginfokan Wapres [Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla] 100 persen hadir dan Pak Jokowi sangat bersemangat untuk datang. Tapi karena bentrok dengan acara IMF, beliau akan usahakan untuk datang," katanya menambahkan.

Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia tahun ini digelar di Nusa Dua, Bali, hingga 14 Oktober.

Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Asian Para Games 2018.Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Lebih lanjut Chris mengabarkan masyarakat masih bisa membeli tiket penutupan di loket.com seharga Rp250 ribu hingga Rp500 ribu. Adapun total tiket yang sudah terjual dan terdistribusi sebanyak 17 ribu lembar.

"[Sebanyak] 17 ribu itu sudah terjual dan terdistribusi untuk yang tiket gratis disabilitas, Kemendikbud sekitar 2-3 ribu, undangan VIP 1.000. Ini semua termasuk dari 17 ribu tiket tersebut," ucap dia.

"Kapasitas stadion itu 21 ribu. Di upacara penutupan, kami akan utamakan untuk disabilitas karena ini acara mereka dan kami akan rayakan kemenangan mereka di acara penutupan," ujar Chris.

Chris mengatakan para penonton bisa masuk ke kawasan Gelora Bung Karno (GBK) menuju Stadion Madya lewat Pintu II, V, VI, dan VII. Sedangkan Pintu XI diperuntukkan untuk para awak media dan Pintu I untuk tamu VVIP.

"Rekayasa lalu lintas hampir sama seperti pembukaan Asian Para Games, kawasan senayan semua ditutup," ujar Chris. (map/sry)