LIB Ungkap Alasan Persija vs Persela di Liga 1 Diundur

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 17:36 WIB
LIB Ungkap Alasan Persija vs Persela di Liga 1 Diundur PT LIB mengungkapkan alasan penundaan laga Persija menjamu Persela. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengungkapkan alasan pengunduran jadwal laga Persija Jakarta menjamu Persela Lamongan di Liga 1 2018 yang sedianya digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (19/10).

PT LIB memastikan pengunduran jadwal pertandingan itu tertuang melalui surat pengumuman 300/LIB/X/2018 per tanggal 13 Oktober 2018. Dalam surat tersebut LIB menyatakan diundurnya laga yang masuk di pekan ke-26 itu lantaran bentrok dengan penyelenggaraan Piala Asia U-19 2018.

"Menindaklanjuti surat PSSI Nomor 4591/UDN/2119/X-2018 perihal Pelaksanaan AFC U19 Championship 2018 tertanggal 11 Oktober 2018 dan setelah melakukan koordinasi dengan klub terkait dan host broadcaster, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan penetapan jadwal pertandingan Go-Jek Liga 1 2018 antara Persija Jakarta vs Persela Lamongan pada tanggal 20 November 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi," tulis surat resmi LIB yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (16/10).


LIB juga meminta Persija sebagai sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Stadion Patriot menjadi satu dari tiga venue pertandingnan yang dipakai untuk menggelar Piala Asia U-19 mulai 18 Oktober sampai 4 November 2018. Selain Stadion Patriot, Stadion Pakansari, Cibinong dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan juga menjadi lokasi venue penyelenggaraannya.

Timnas Indonesia U-19 bakal melakoni laga Piala Asia U-19 2018. (Timnas Indonesia U-19 bakal melakoni laga Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) Persija Jakarta Budi Saputra mengatakan diundurnya jadwal Persija membawa masalah baru terkait jadwal pertandingan Persija selanjutnya. Sebab, pergeseran jadwal tersebut membuat Persija memiliki jadwal padat di akhir November.

"Kalau ditanya masalah, ada. November jadi padat banget. Kami tetap berharap semua pertandingan sesuai jadwal," kata Budi melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/10).

Lanjut Budi, pergeseran jadwal itu dilakukan lantaran PSSI menginginkan Persija menggelar pertandingan kandang di Stadion Patriot.

"Dari surat yang kami ajukan ke PSSI, ke Kadispora Bekasi sudah (diizinkan). Tinggal bagaimana kami saja (Persija). Tapi LIB tidak mengizinkan karena PSSI tetap mau Persija di Patriot, jadi Persija yang mengalah," jelas Budi.

Budi berharap, selanjutnya tidak ada lagi perubahan jadwal pertandingan Persija sampai akhir musim kompetisi Liga 1 2018. Termasuk saat laga kandang melawan Barito Putera yang dijadwalkan pada 30 November.

"Lawan Barito tanggal 30 November kami berharap tidak digeser lagi. Sejauh ini belum ada perubahan dari LIB. Belum ada kabar terbaru juga kalau pindah lagi."

"Tapi manajemen tetap tidak mau pindah (markas) lagi karena kami sudah terlalu lama merantau," terangnya. (jun)