Tanpa Milla, Beto Fokus di Timnas Indonesia Jelang Piala AFF

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 06:03 WIB
Tanpa Milla, Beto Fokus di Timnas Indonesia Jelang Piala AFF Beto Goncalves ketika merayakan gol ke gawang Myanmar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beto Goncalves mencoba fokus pada persiapan Piala AFF 2018 bersama Timnas Indonesia meskipun belum ada kejelasan pelatih kepala di Tim Merah Putih.

Hingga saat ini belum diketahui kepastian Luis Milla menangani Timnas Indonesia. Usai gagal raih target Asian Games 2018, pelatih berusia 52 tahun tersebut kembali ke Eropa untuk penyegaran lisensi UEFA Pro.

Meski tidak ada Milla, Beto tidak kehilangan fokus mempersiapkan diri berlaga di Piala AFF bersama skuat Garuda.


"Saya fokus yang ada di sini. Coach Milla sampai sekarang belum ada kepastian, tapi kepada coach Bima [Sakti, asisten pelatih Timnas Indonesia] kami juga harus respek. Pokoknya kami akan kerja sama dan fokus dengan tim yang ada sekarang," kata Beto usai uji coba lawan Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti pada Selasa (16/10).

Dalam uji coba lawan Hong Kong, Timnas Indonesia bermain imbang dengan skor 1-1. Beto menyumbang satu-satunya gol untuk Merah Putih pada menit ke-40 lewat sundulan yang berasal dari umpan silang Putu Gede Juni Antara.

Beto merasa gol tersebut hasil kerja sama dengan rekan-rekan setimnya. Di sisi lain, ia menilai Hong Kong sebagai tim yang punya kualitas baik, postur tinggi dan fisik kuat.

Beto Goncalves rutin mengisi lini depan Timnas Indonesia dalam beberapa bulan belakangan.Beto Goncalves rutin mengisi lini depan Timnas Indonesia dalam beberapa bulan belakangan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
"Itu [kekuatan Hong Kong] jadi sedikit sulit buat kami. Tapi anak-anak dan saya kerja keras. Dan kami tahu itu masih uji coba, tujuan kami Piala AFF. Jadi saya pikir kami masih bisa lebih kompak lagi seperti pada saat Asian Games 2018," katanya menambahkan.

Laga uji tanding menghadapi Hong Kong merupakan pertandingan terakhir sebelum Piala AFF yang dimulai pada 8 November hingga 15 Desember. Sebelumnya, Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-0 atas Myanmar. Dalam laga tersebut, Beto menyumbang satu gol dan satu assist.

Kerap menjadi ujung tombak tunggal dalam skema 4-3-3, Beto merasa nyaman bermain dengan pemain-pemain sayap dan gelandang-gelandang serang yang ada di Timnas Indonesia.

"Saya siap dengan segala kemungkinan. Irfan Jaya atau Stefano Lilipaly, siapapun yang berada dekat saya di lapangan, kami coba kerja sama," ucap Beto.

"Kami coba cepat adaptasi. Mereka bantu saya, saya bantu mereka," ucapnya melanjutkan. (map/nva)