Jempol Telunjuk Riko Simanjuntak di Laga Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 11:13 WIB
Jempol Telunjuk Riko Simanjuntak di Laga Timnas Indonesia Riko Simanjuntak sapa The Jakmania di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riko Simanjuntak mengungkapkan makna simbol jempol dan telunjuk pada laga Timnas Indonesia vs Timor Leste dalam lanjutan fase Grup Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11).

Meski masuk di babak kedua, Riko tampil jadi pembeda bagi skuat Garuda yang sukses mengalahkan Timor Leste 3-1. Winger Persija Jakarta itu bermain apik dan ikut menyumbang assist bagi gol Beto Goncalves.

Selepas memberikan assist, Riko menghadap ke tribune penonton sambil mengangkat jempol dan telunjuk tinggi-tinggi. Salam jempol dan telunjuk selama ini identik dengan simbol suporter Persija, The Jakmania.


"Saya lakukan itu (tunjukkan jempol dan telunjuk) karena saya lihat ada The Jakmania di atas tribune jadi saya sapa mereka," kata Riko.

Gol Beto Goncalves berkat assist Riko Simanjuntak.Gol Beto Goncalves berkat assist Riko Simanjuntak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Stadion GBK memang sempat menjadi kandang Persija di kompetisi Liga 1 2018. Tak heran jika sebagian besar penonton kali ini berasal dari Jakarta yang kebanyakan pendukung Persija.

Kendati demikian, Riko tak hanya mengapresiasi The Jakmania. Ia juga yakin sebagian suporter yang hadir di GBK berasal dari daerah demi melecut motivasi skuat Timnas Indonesia.

"Kemenangan ini untuk semua karena kami bermain untuk Indonesia bukan untuk klub masing-masing," ujar pesepakbola kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Riko memang belum mendapat kepercayaan turun sebagai starter pada dua laga fase grup tim Merah Putih. Namun, penampilan apik saat melawan Timor Leste membuka peluang baginya untuk tampil sejak menit pertama saat Indonesia melawan ke markas Thailand pada Sabtu (17/11). (jun/nva)