Usai Tekuk Timnas Indonesia, Singapura Jeblok Lawan Filipina

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 16:24 WIB
Usai Tekuk Timnas Indonesia, Singapura Jeblok Lawan Filipina Statistik Timnas Singapura jeblok saat melawan Filipina. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sukses meraih tiga poin lawan Timnas Indonesia, Singapura, justru tampil jeblok saat melawat ke markas Filipina pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/11).

Merujuk statistik dari laman resmi Piala AFF 2018, Singapura tak mampu menghasilkan on target atau tembakan tepat sasaran ke gawang Filipina. Dari lima percobaan yang dilakukan, tak ada satupun yang mengarah ke gawang lawan.

Statistik berbeda terjadi ketika Singapura menjamu Indonesia. The Lions sukses menghasilkan empat on target dan satu di antaranya berhasil menjadi gol dan berhak meraup kemenangan 1-0.


Ketika melawat ke Stadion Panaad, Singapura justru tak berdaya. Meski hanya kalah 0-1 melalui gol Patrick Reichelt di menit ke-78, namun serangan yang dibangun Singapura tak ada yang benar-benar membahayakan gawang Filipina.

Kiper Filipina yang bermain di Liga Primer Inggris bersama Cardiff City, Neil Etheridge, seakan tak mengeluarkan keringat dalam pertandingan ini. Sebab, tak ada bola tepat sasaran yang harus diantisipasi.

Timnas Filipina membuat Singapura tak berdaya di Stadion Panaad.Timnas Filipina membuat Singapura tak berdaya di Stadion Panaad. (Courtesy of affsuzukicup.com)
The Azkals di bawah kendali Sven Goran Eriksson mendominasi permainan di sepanjang laga. Phil Younghousband dkk menguasai bola sebanyak 62 persen dan mengkreasi sembilan percobaan di mana tiga di antaranya on target termasuk gol tunggal dari Reichelt.

Filipina sejatinya bisa unggul lebih dari satu gol atas Singapura andai penjaga gawangnya tak gemilang. Dua peluang milik tuan rumah berhasil dimentahkan kiper Hassan Sunny.

Singapura memang tak mendewakan penguasaan bola di turnamen sepak bola Asia Tenggara tahun ini. Skuat arahan Fandi Ahmad lebih mengandalkan strategi pressing tinggi di garis pertahanan lawan dan permainan keras untuk merusak serangan lawan.

Harris Harun dkk juga tercatat hanya menguasai bola sebanyak 38 persen saat lawan Indonesia. Namun, mereka mampu memetik kemenangan 1-0 atas Tim Merah Putih.

Timnas Indonesia sendiri harus berjuang menghadapi Thailand lebih dulu di Bangkok pada Sabtu (17/11) sebelum menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11). (jun/sry)