Jokowi Direncanakan Hadiri 'Coaching Clinic' Ronaldinho

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 22:45 WIB
Jokowi Direncanakan Hadiri 'Coaching Clinic' Ronaldinho Presiden RI Jokowi direncanakan hadir pada coaching clinic Ronaldinho di Palembang. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesepakbola dunia asal Brasil, Ronaldinho dipastikan akan datang ke Palembang, Sumatera Selatan untuk memberikan coaching clinic pada 51 anak terpilih dari Sumatera Selatan, 30 Maret 2019 mendatang dalam gelaran bertajuk Alex Noerdin Cup. Kegiatan ini pun diklaim akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Hal tersebut diungkapkan oleh agen Ronaldinho, Oliver Mandengue, usai meninjau fasilitas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sabtu (8/12).

Mandengue mengatakan, Ronaldinho akan sangat antusias bisa datang ke Palembang untuk membagikan ilmunya kepada para anak-anak yang akan menjadi para atlet sepak bola di masa mendatang.


"Setelah saya datang, dan melihat langsung Stadion Jakabaring, sungguh tidak ada lagi yang diragukan. Saya pastikan Ronaldinho akan sangat senang datang ke Palembang," ujar dia.

Jokowi Direncanakan Hadir di Coaching Clinic RonaldinhoAlex Noerdin (tengah) bertemu dengan perwakilan Ronaldinho, Oliver Mandengue. (CNN Indonesia/Hafidz)
Mandengue mengungkapkan, bahkan pesepakbola 38 tahun yang pernah meraih Ballon d'Or tersebut terus menanyakan kondisi di Palembang.

"Dia sudah tidak sabar untuk datang ke Palembang. Ini pertama kalinya Ronaldinho datang ke Indonesia. Dia ingin memotivasi anak-anak bahkan para atlet sepak bola profesional di Indonesia sekaligus menyapa para penggemarnya," ujar dia.

Status sebagai duta organisasi anak dunia UNICEF pun, ujar Mandengue, membuat pemilik nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira membuka lebar kesempatan seperti ini karena bisa sekaligus berkampanye tentang misi sosialnya.

Selain memberikan coaching clinic, Ronaldinho direncanakan akan ikut serta dalam pertandingan persahabatan bersama para mantan pemain timnas sepak bola Indonesia Allstar.

Sementara Alex Noerdin selaku promotor kegiatan mengatakan, dengan mendatangkan Ronaldinho, ia ingin memacu motivasi anak-anak muda di Sumsel untuk menjadi pesepakbola profesional yang andal.

"Turnamen ini sudah dilaksanakan sejak lama. Tapi tahun ini sedikit beda karena mendatangkan Ronaldinho. Ini salah satu upaya untuk terus mempromosikan Sumsel dan olahraganya setelah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 kemarin," ujar mantan Gubernur Sumsel ini.

Alex menambahkan, direncanakan Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam gelaran tersebut. "Pak Jokowi direncanakan hadir dalam puncak acara nanti bersamaan dengan Ronaldinho," ujar Alex.

Dalam rangkaian kegiatan Alex Noerdin Cup 2019, sejumlah mantan pemain Timnas Indonesia akan menjalani program 'All Star Tour Sumatera Selatan' dengan berkeliling ke-17 kabupaten/kota mulai 4 Januari 2019.

Beberapa mantan atlet Timnas Indonesia tersebut antara lain Ponaryo Astaman, Ferry Rotinsulu, Kurniawan, Charis Yulianto, Isnan Ali, Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales, dan Diego Michiels. Mereka akan memberikan pelatihan singkat bertajuk 'Golden Eleven Coaching Clinic with Ronaldinho'.

Mereka memberikan coaching clinic dan sekaligus menyeleksi anak-anak U-8 hingga U-14 untuk mengetahui pelatihan singkat langsung bersama Ronaldinho.

Ronaldinho pernah bersniar bersama Barcelona.Ronaldinho pernah bersniar bersama Barcelona. (AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)
Nantinya, ratusan anak dari 17 kabupaten/kota di Sumsel tersebut akan disaring hingga 51 orang yang akan bertemu dan berkesempatan mendapatkan coaching clinic dari Ronaldinho secara langsung.

Sementara turnamen sepakbola Alex Noerdin Cup akan bergulir mulai Januari 2019. Dari setiap kabupaten akan diambil dua pemain terbaik untuk pembentukan tim sepak bola Sumatera Selatan.

Tim yang berisi pemain terbaik Sumsel ini akan berhadapan dengan Tim All Star Legend yang diperkuat Ronaldinho dan para mantan pemain timnas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang pada puncak acara, 30 Maret 2018. (idz/nva)