Persija Juara, Jalan-jalan di Kawasan Senayan Macet Total

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 19:58 WIB
Persija Juara, Jalan-jalan di Kawasan Senayan Macet Total Jalan Jenderal Sudirman macet parah saat perayaan Persija Jakarta juara Liga 1 2018. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta merayakan juara Liga 1 2018, Minggu (9/12), kemacetan total pun terjadi pada jalan-jalan di kawasan Senayan dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kemacetan paling parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Begitu pula di ruas Jalan Gatot Subroti, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Gerbang Pemuda macet parah.
Kemacetan parah ini tak lepas dari ratusan ribu The Jakmania, sebutan untuk pendukung Persija, yang tumpah ruah ke pinggir jalan. Pasalnya, mereka sedang merayakan juara Liga 1 2018 yang baru saja direbut oleh Persija dari laga pamungkas pada Minggu (9/12) sore ini.

Dari pengamatan di lapangan, kemacetan di ruas Jalan Sudirman ini sudah dimulai sejak Patung Pemuda, Bunderan Senayan sejak pukul 18.30 WIB. Dari sana, kendaraan hanya hanya bisa melaju sekitar 10 km/jam.

Kemacetan di ruas Sudirman baru berkurang ketika melintasi Jembatan Semanggi. Namun hal ini tak berlangsung lama karena kepadatan kembali terjadi jelang Stasiun Sudirman hingga Bunderan HI.


Persija Juara, Jalan-jalan di Kawasan Senayan Macet TotalPersija pesta juara Liga 1 2018, Jalan Jenderal Sudirman macet parah. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Di tengah-tengah kemacetan di ruas Sudirman ini, terdapat pawai Jakmania yang tengah merayakan kemenangan Persija. Pawai dilakukan dengan iringan sepeda motor.

Kepadatan serupa terpantau di Jalan Pintu Satu Senayan. Jalan yang bersentuhan langsung dengan akses menuju GBK ini padat dengan Jakmania yang baru selesai mendukung tim kesayangannya. Akibatnya kemacetan terjadi mulai dari depan mal FX hingga sekitar Hotel Fairmont.

Lautan Oranye di SUGBK

Sebelumnya, Jakmania yang berada di areal parkir timur Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diliputi euforia. Dari tempat mereka nonton bareng, mereka merangsek masuk ke dalam stadion untuk merayakan kemenangan Persija atas Mitra Kukar.

Peluit tanda akhir pertandingan antara Persija dan Mitra Kukar langsung disambut Jakmania yang menonton tim kesayangannya lewat layar raksasa di parkir timur GBK dengan gegap-gempita. Sorak sorai hingga flare tak ketinggalan meramaikan suasana.

Setelah memastikan diri juara, rombongan Jakmania ini terus bernyanyi tanpa henti sembari berjalan menuju stadion GBK. Langkah mereka sempat terhenti karena teradang oleh pagar.

Namun hal itu tak terjadi lama. Fans yang berada baris terdepan menyerukan pagar agar dibuka. Dan polisi ternyata langsung mengabulkan permintaan tersebut.

Lautan Oranye mewarnai SUGBK dan sekitarnya. (Lautan Oranye mewarnai SUGBK dan sekitarnya. (Foto: CNN Indonesia/Tiara Sutari)
"Terima kasih, terima kasih pak polisi," seru Jakmania.

Setelah melewati pagar dengan terburu-buru, Jakmania yang tak kebagian tiket menonton di dalam stadion ini langsung berlari menuju stadion tepatnya melalui Zona 7 Pintu 24-27. Langkah mereka begitu cepat mengisi tangga-tangga menuju tribun. Sehingga tak lama kemudian gemuruh dari dalam stadium makin besar.

Kejadian tersebut terjadi tanpa ada kericuhan sama sekali. Kerumunan penonton terlihat lepas, sementara aparat polisi yang mengawal tampak tak begitu tegang.

Persija menjadi juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12) sore. Persija mengumpulkan 62 poin, unggul satu poin atas PSM Makassar. (bin/nva)