Persija Juara Liga 1, Teco Jawab Keraguan Pelatih Persib

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 21:15 WIB
Persija Juara Liga 1, Teco Jawab Keraguan Pelatih Persib Stefano Cugurra (kiri) bersama Marko Simic setelah Persija meraih kemenangan atas Mitra Kukar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra masih ingat dengan ucapan juru latih Persib Bandung Mario Gomez yang meragukan kemampuan Macan Kemayoran berkompetisi di Liga 1 2018 setelah menjadi juara Piala Presiden.

Keberhasilan meraih gelar juara Liga 1 2018 menjadi cara pelatih asal Brasil itu menanggapi komentar Gomez yang keluar tidak lama setelah Persija berjaya dalam laga pramusim.

"Seperti pelatih Persib, Gomez, bilang. Kalau di Piala Presiden juara, bisa tidak konsisten di liga, tapi nyatanya kami bisa. Waktu mau lawan Persib di GBK tapi tidak jadi, katanya kami takut, kenapa? Tapi ya sudah, saya respek sama Persib Bandung," ungkapnya.


Pelatih yang akrab disapa Teco itu juga menyadari banyak komentar sumbang mengenai keberhasilan Persija menjadi juara musim ini yang menyebut juara Liga 1 2018 sudah diatur dan menguntungkan kubu yang ia latih.

"Saya tahu banyak yang membicarakan Persija di luar sana. Tapi urus saja di sana, jangan urusi Persija," kata Teco usai membawa Macan Kemayoran menang 2-0 atas Mitra Kukar di SUGBK, Minggu (9/10).

Berdasarkan pengalaman melatih di beberapa negara sebelumnya, Teco menyebut kompetisi sepak bola di Indonesia musim ini sangat kompetitif. Itu dibuktikan dengan persaingan ketat untuk meraih gelar juara dan persaingan menghindari degradasi yang belum diketahui sampai di pertandingan terakhir.

Stefano Cugurra menjadi pelatih Persija Jakarta sejak 2017.Stefano Cugurra menjadi pelatih Persija Jakarta sejak 2017. (CNN Indonesia/Andri Novelino)
"Saya pernah melatih di liga Singapura, Malaysia, Thailand dan Korea. Di sana, pada empat sampai lima pertandingan terakhir kita sudah bisa tahu siapa juaranya dan siapa yang terdegradasi."

"Tapi di liga Indonesia ini sangat bagus [sampai pertandingan terakhir baru ketahuan juara dan degradasi]. Walaupun banyak komentar sana sini ya, itu hanya bagus buat media. Tapi [komentar jelek] bisa bikin pemain hilang konsentrasi," jelas Teco yang menjadi nakhoda Tim Ibu Kota di dua musim terakhir.

Persija Jakarta memastikan gelar Liga 1 2018 pada pekan terakhir setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12).

Dalam perburuan gelar juara musim ini, Persija bersaing ketat dengan PSM Makassar yang harus puas berada di tempat kedua dengan selisih satu poin dari sang juara. (nva/bac)