Pesta Jakmania Berenang di Bundaran HI: Juara Mah Bebas

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 21:39 WIB
Pesta Jakmania Berenang di Bundaran HI: Juara Mah Bebas Sejumlah Jakmania berenang di kolam air mancur Bundaran HI merayakan Persija juara Liga 1 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 pada Minggu (9/12) sore. Jakmania menyambut status juara tersebut dengan berpesta di jantung ibu kota: berenang di Bundaran HI.

Tak hanya pawai, Jakmania melakukan banyak hal yang sulit dilakukan di hari biasa: menduduki trotoar jalan hingga berenang di Bunderan HI.

Massa Jakmania bergerak ke Bundaran HI sejak pukul 19.00 WIB. Dengan bus dan sepeda motor, mereka menduduki Bunderan HI. Jakmania tak hanya berjubel di sekitar kolam, tapi juga di jalan-jalan sekitarnya, serta trotoar jalan. Jalan Sudirman kena imbas macet paling parah.


"Juara mah bebas," cetus seorang Jakmania.

Yang paling mencolok dari euforia kemenangan Persija di kawasan ini adalah sejumlah pemuda yang berenang di kolam Bunderan HI. Seakan tak peduli, mereka melompat, berenang, dan berfoto-foto dengan latar gedung-gedung besar yang menjulang.

Jakmania 'menguasai' ibu kota setelah Persija Jakarta meraih juara Liga 1 2018. (Jakmania 'menguasai' ibu kota setelah Persija Jakarta meraih juara Liga 1 2018. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
"Kapan lagi berenang di sini," kata Cahyo (18) sambil tertawa lepas.

Tak hanya berenang, mereka bahkan melakukan putaran kemenangan sembari membentangkan spanduk dan menyalakan flare. Tak ada yang mencegah atau melarang para Jakmania ini untuk meluapkan kegembiraannya di kolam tersebut.

"Ya paling agak ngeri sama kabel dalam air aja sih, tapi airnya enggak begitu dalem," imbuh Riski yang masih satu kelompok dengan Cahyo.

Kendaraan yang terparkir di sepanjang Bunderan HI ini yang menyumbat laju kendaraan asal dan menuju Jalan Sudirman. Terpantau hanya satu lajur kendaraan yang melewati Bunderan, itu pun dengan kecepatan sangat rendah.

Hingga tulisan ini dibuat pada pukul 20.45 WIB, massa masih memadati kawasan Bunderan HI. Kemacetan pun masih berlangsung di Jalan Sudirman (bin/jun)