Supersub Shaqiri Bawa Liverpool Kalahkan Man United 3-1

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 00:51 WIB
Supersub Shaqiri Bawa Liverpool Kalahkan Man United 3-1 Xherdan Shaqiri mencetak dua dari tiga gol kemenangan Liverpool atas Manchester United 3-1. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Supersub Xherdan Shaqiri punya andil besar membawa Liverpool menghajar Manchester United 3-1 pada laga pekan ke-17 Liga Inggris 2018/2019 di Stadion Anfield, Minggu (16/12).

Shaqiri yang masuk menggantikan Naby Keita pada menit ke-70, sukses melesakkan dua dari tiga gol kemenangan The Reds. Sebelumnya pada babak pertama, Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-24, kemudian disamakan menjadi 1-1 melalui gol Jesse Lingard pada menit ke-34.

Skor 1-1 sempat bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Jose Mourinho menarik keluar Diogo Dalot dan digantikan oleh Marouane Fellaini.


Liverpool nyaris unggul pada menit ke-52 melalui tendangan keras Roberto Firmino di dalam kotak penalti. Bola yang mengarah ke kiri gawang itu masih mampu ditepis De Gea yang tampil brilian.

Memasuki menit ke-64, Man United menciptakan ancaman ke gawang Liverpool lewat umpan silang Ashley Young di sisi kanan pertahanan The Reds. Bola umpannya tepat meluncur di depan gawang Alisson Becker dan siap disambar sundulan Marouane Fellaini. Namun, bola berhasil dibuang Andy Robertson dengan tandukannya.

David De Gea menggagalkan peluang Sadio Mane. (David De Gea menggagalkan peluang Sadio Mane. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Liverpool bergantian menciptakan peluang pada menit ke-69. Giorginio Wijnaldum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih lemah sehingga mudah ditangkap David De Gea.

Memasuki menit ke-70, Juergen Klopp mulai melakukan pergantian pemain. Naby Keita ditarik keluar digantikan Xherdan Shaqiri.

Keputusan Klopp memainkan Shaqiri tampaknya benar-benar jitu. Pemain cadangan itu berhasil mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang De Gea.

Gol berawal dari umpan silang mendatar Sadio Mane di sisi kanan pertahanan Man United yang sempat mengenai bek tim tamu tersebut dan bola berubah arah ke gawang De Gea. Spontan kiper asal Spanyol itu menepis bola dan terpental ke arah Shaqiri.

Ia langsung melepaskan tembakan yang sempat mengenai Ashley Young dan bola mengarah ke pojok kanan atas gawang Man United dan bersarang tanpa bisa dijangkau De Gea.

Lagi-lagi Shaqiri menunjukkan tajinya sebagai supersub pada menit ke-80. Ia mencetak gol keduanya ke gawang Man United dan membawa Liverpool unggul 3-1 atas lawannya itu.

Ia kembali memanfaatkan kemelut di depan gawang De Gea dengan melepaskan tembakan keras yang sempat mengenai kaki Eric Baily. Bola sedikit berubah arah sehingga sulit dijangkau De Gea dan bersarang ke gawangnya.

Tertinggal 3-1 membuat Man United semakin frustrasi, apalagi laga tinggal menyisakan kurang dari 10 menit lagi. Pertandingan pun berakhir untuk kemenangan The Reds 3-1 atas Setan Merah.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Georginio Wijnaldum, Naby Keita/Shaqiri; Sadio Mane/Henderson, Roberto Firmino, Mohamed Salah

Manchester United (3-5-2): David De Gea; Victor Lindelof, Eric Bailly, Matteo Darmian; Diogo Dalot/Fellaini, Nemanja Matic, Ander Herrera/Martial, Jesse Lingard/Juan Mata, Ashley Young; Marcus Rashford, Romelu Lukaku. (bac/bac)