Pele Menilai Neymar Suka Cari Perhatian Dibanding Buat Gol

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 09:51 WIB
Pele Menilai Neymar Suka Cari Perhatian Dibanding Buat Gol Neymar menjadi salah satu pemain andalan timnas Brasil. (Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Brasil Pele menilai Neymar lebih suka mencari perhatian dibanding mencetak gol atau melakukan gocekan di atas lapangan hijau dalam dua tahun terakhir.

Pele mengaku sering bertukar pikiran dengan ayah Neymar mengenai penampilan kapten timnas Brasil itu. Namun pemain yang pernah menggenggam trofi Jules Rimet dan Piala Dunia itu tidak ingin dianggap menggurui Neymar secara berlebihan.

"Seorang ayah tidak mengkritik, tapi mengedukasi. Saya menganggap dia sebagai anak dari Santos. Saya melakukan ini demi kebaikannya. Saya ingin dia melakukan yang terbaik, untuk Brasil, untuk tim nasional kami. Saya akan melakukan segalanya untuk membantunya dan untuk membantunya berkembang, itu saja," kata Pele dikutip dari ESPN.


Mantan pemain klub Santos itu mengakui ada perubahan dalam penampilan Neymar di lapangan hijau sejak 2016 sehingga namanya melambung tapi bukan karena performa yang apik.

"Apa yang terjadi selama dua tahun belakangan? Dia ingin mendapat perhatian! Tidak mencetak gol atau melakukan gerakan yang cantik. Dia membuat dirinya dilihat dengan berpura-pura dilanggar, dengan membuat wasit membuat keputusan sulit. Itulah mengapa dia memiliki citra yang negatif," jelas Pele.

Pele Menilai Neymar Suka Cari Perhatian Dibanding Buat GolPele merupakan senior Neymar di timnas Brasil dan klub Santos. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Sang senior menyatakan Neymar telah mendengar dan menerima masukan yang diberikannya. Pele juga yakin mantan pemain Barcelona itu akan berkembang karena saat ini tidak ada pemain besar lain di Paris Saint-Germain, seperti dengan keberadaan Lionel Messi di Barcelona.

"Sepertinya sekarang dia sudah lebih mengerti. Kini dia tidak dibayang-bayangi salah satu pemain terbaik di dunia dan saya harap dia akan segera menjadi yang terbaik," ucap Pele.

Kendati demikian, Pele juga menyanjung salah satu pemain muda Perancis yang kini berada satu klub dengan Neymar di PSG. Pele menganggap Kylian Mbappe bisa menjadi pemain besar yang menyaingi nama besarnya.

"Saya katakan padanya dia hampir menyamai saya. Saya pikir dia bisa menjadi Pele baru! Banyak orang berpikir saya berkelakar, tapi tidak, ini bukan guyon," ujar Pele. (nva/bac)