Misi Ivan Kolev di Persija: Jaga Level Tim Juara

jun, CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 04:00 WIB
Ivan Kolev berjanji untuk menjaga level kekuatan Persija Jakarta sebagai tim juara Liga 1 2018 yang resmi ditinggalkan pelatih Stefano 'Teco' Cugurra. Ivan Kolev janjijaga level juara Persija. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ivan Kolev berjanji untuk menjaga level kekuatan Persija Jakarta sebagai tim juara Liga 1 2018 yang resmi ditinggalkan pelatih Stefano 'Teco' Cugurra.

Manajemen Persija bergerak cepat menunjuk Kolev sebagai pelatih anyar setelah Teco memutuskan hijrah ke Bali United. Kolev sendiri sudah mulai mendampingi Ismed Sofyan dkk dalam sesi latihan, Selasa (15/1).

Kolev yang dikontrak dengan durasi setahun berterima kasih atas kepercayaan dari manajemen tim ibu kota. Ia berjanji untuk menjaga level tim juara di skuat Macan Kemayoran.


"Rasanya senang sekali ya. Kalian tahu Persija tim pertama saya di Indonesia dan Persija selalu di hati saya. Kalau saya lihat Persija, selalu saya senang," ujar Kolev dalam laman resmi Persija.

"Yang pertama kita harus jaga level tim ya. Tim ini tim juara Indonesia. Saya menghargai itu dan saya harus coba jaga level ini, ya kalau bisa perbaiki bagus, tapi yang penting kita jaga level ini," tambahnya.

Persija Jakarta juara Liga 1 2018.Persija Jakarta juara Liga 1 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kolev bukan wajah asing di Persija. Di klub inilah karier kepelatihan Kolev di Liga Indonesia dimulai.

Di tangan Kolev, Persija menembus semifinal Liga Indonesia 1999. Namun, langkah tim asuhannya terhenti setelah takluk dari PSIS Semarang dengan skor 0-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Musim berikutnya, Kolev kembali gagal membawa Persija merengkuh gelar juara. Kali ini, anak-anak Jakarta juga tersingkir di semifinal usai kalah 0-1 dari PSM Makassar yang akhirnya keluar sebagai juara.

Kolev diharapkan bisa menebus kegagalannya 10 tahun silam untuk mempertahankan gelar juara untuk tim Jakarta. Juru taktik 61 tahun itu juga punya beban untuk membawa Persija berbicara lebih banyak di Liga Champions Asia. (jun/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK