Pensiun, Petr Cech Ungkap Tiga Penyelamatan Terbaik

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 15:55 WIB
Pensiun, Petr Cech Ungkap Tiga Penyelamatan Terbaik Petr Cech adalah salah satu kiper terbaik yang pernah ada di dunia. (Reuters/Tony O'Brien)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper veteran Liga InggrisPetr Cech yang akan pensiun pada akhir musim ini memilih tiga penyelamatan terbaik yang pernah ia lakukan.

Cech datang ke Liga Inggris pada tahun 2004 dengan bergabung ke Chelsea. Saat itu The Blues tengah menyusun kekuatan untuk bisa meruntuhkan dominasi Manchester United dan Arsenal di kompetisi tersebut.

Cech akhirnya terbukti jadi bagian vital Chelsea. Ia mampu jadi benteng tangguh sehingga Chelsea tidak mudah dibobol oleh lawan. Cech, Frank Lampard, Didier Drogba, dan John Terry adalah tulang punggung Chelsea yang mampu merusak dominasi Manchester United.


Setelah 11 musim di Chelsea dan meraih 15 trofi, Cech memutuskan pindah ke Arsenal pada 2015. Di Arsenal, Cech meraih trofi Piala FA dan dua trofi Community Shield.

Berikut tiga penyelamatan terbaik Petr Cech menurut dirinya sendiri:

3. Petr Cech vs Robbie Keane

Di nomor tiga, Cech memilih penyelamatan terhadap sundulan Robbie Keane pada tahun 2004. Saat itu Cech masih pendatang baru dan tengah berusaha keras merebut perhatian suporter

"Kita bermain melawan Spurs di kandang, dan Robbie Keane mendapatkan sundulan untuk memenangkan pertandingan tersebut. Aku melakukan penyelamatan dan skor imbang 0-0."
Penyelamatan terhadap Robbie KeanePenyelamatan terhadap sundulan Robbie Keane dilakukan Petr Cech dalam fase awal kariernya di Chelsea. (REUTERS/Sergio Perez)
"Pada saat itu Carlo Cudicini adalah favorit fans, dan mereka menyuarakan namanya."

2. Petr Cech vs Christian Benteke

Penyelematan kedua yang menjadi favoritnya adalah saat melawan Liverpool. Pertandingan tersebut terjadi saat Cech menjadi penjaga gawang Arsenal.

Sebelum laga tersebut, kualitas Cech dipertanyakan mengingat usianya yang semakin tua. Namun Cech kemudian membuktikan bahwa Arsenal tak salah pilih saat memutuskan merekrut dirinya. Cech mampu membendung sentuhan Christian Benteke di muka gawang Arsenal.
Penyelamatan terhadap tendangan Christian Benteke terpilih jadi salah satu penyelamatan favorit Petr Cech.Penyelamatan terhadap tendangan Christian Benteke terpilih jadi salah satu penyelamatan favorit Petr Cech. (REUTERS/Rafael Marchante)
"Itu adalah laga kandang pertama setelah aku membuat dua kesalahan melawan West Ham. "

"Penyelamatan ini terjadi dan membuatmu berpikir, apapun bisa terjadi dalam sepak bola dan aku mungkin akan baik-baik saja." tutur Cech.

1. Petr Cech vs Arjen Robben

Penyelamatan terfavoritnya adalah saat melawan Bayern Munich dalam Final Champions League 2012.

Cech berhasil menggagalkan tendangan penalti Arjen Robben di masa perpanjangan waktu. Cech bisa menebak arah tendangan Robben dengan baik dan bahkan menangkapnya meski bola sempat terlepas dari penguasaannya.
Penyelamatan terhadap tendangan penalti Arjen Robben di final Liga Champions menjadi penyelamatan terbaik menurut Petr Cech.Penyelamatan terhadap tendangan penalti Arjen Robben di final Liga Champions menjadi penyelamatan terbaik menurut Petr Cech. (AFP PHOTO / GUENTER SCHIFFMANN)

Pertandingan berlanjut ke drama adu penalti. Cech berhasil membawa Chelsea menaklukkan Bayern Munich dan meraih trofi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Di masa adu penalti, Cech sempat menggagalkan tendangan Ivica Olic ldan memberi tekanan pada Bastian Schweinsteiger yang juga gagal. (nkh/bac)


BACA JUGA