Barcelona Habiskan Rp9 Triliun Per Tahun untuk Gaji Pemain

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 18:57 WIB
Barcelona Habiskan Rp9 Triliun Per Tahun untuk Gaji Pemain Barcelona habiskan Rp9 triliun per tahun untuk gaji pemain. (Action Images via Reuters/Paul Childs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub raksasa La Liga, Barcelona, menghabiskan €562 juta atau setara dengan Rp9,046 triliun per tahun untuk membayar gaji para pemainnya.

Dikutip dari Sport English, Barcelona sebagai juara bertahan La Liga menjadi klub pertama yang membayar lebih dari €500 juta untuk gaji para pemainnya.

Angka itu melonjak 42 persen dibandingkan dengan 2017. Hal tersebut diungkap dalam studi KPMG Football Benchmark saat mempelajari para juara di delapan liga top Eropa.


Blaugrana mendatangkan Philippe Coutinho pada Januari 2018 dengan rekor €160 juta. Pemain asal Brasil itu dikabarkan mendapat gaji sebesar €270 ribu per pekan atau sekitar €14,04 juta.

Barcelona juga mendatangkan Ousmane Dembele di musim panas dengan mendapat gaji sebesar €250 ribu per minggu atau sekitar €13 juta per tahun.

Paris Saint-Germain ada di bawah Barcelona untuk gaji pemain.Paris Saint-Germain ada di bawah Barcelona untuk gaji pemain. (REUTERS/Benoit Tessier)
Selain membayar gaji para pemain baru, Barcelona juga harus mengeluarkan €565 ribu untuk menggaji Lionel Messi per minggunya. Dalam setahun Barcelona mengeluarkan €29,3 juta untuk menggaji pemain berjuluk La Pulga itu.

Dikutip dari Sportskeeda, Messi merupakan pemain dengan gaji tertinggi di Barcelona. Disusul Luis Suarez, Coutinho, Dembele, hingga Sergio Busquets dalam susunan lima besar.

Sementara itu, studi KMPG menempatkan klub raksasa Ligue 1 Paris Saint-Germain sebagai tim kedua dengan pengeluaran gaji terbesar per tahunnya. Les Parisiens mengeluarkan €332 juta per tahun untuk gaji para pemainnya. Angka itu naik 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

(sry/ptr)