Ardi Idrus: Frets Butuan Harus Kuat Mental di Persib

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 01:36 WIB
Ardi Idrus: Frets Butuan Harus Kuat Mental di Persib Frets Butuan (kiri) disarankan harus kuat mental di Persib. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek sayap Persib Bandung Ardi Idrus memberikan wejangan kepada pemain baru Maung Bandung asal Ternate, Frets Butuan.

Frets gabung Persib dari PSMS Medan di bursa transfer jelang musim 2019. Selain Frets, juara Liga Indonesia dua kali ini juga merekrut dua pemain lain yang berasal dari Ayam Kinantan: Erwin Ramdhani dan Abdul Aziz Lutfi Akbar.

Tidak hanya itu, guna memperkuat skuatnya tim asuhan Miljan Radovic ini juga merekrut pemain naturalisasi Esteban Vizcarra dan pemain asing Srdan Lopicic.


Saat dihubungi manajemen Persib, Frets kerap berkomunikasi dengan Ardi. Pembicaraan keduanya tentang kultur sepak bola Persib, internal tim, Bobotoh, hingga kehidupan di Kota Kembang.

Ardi idrus juga mencoba memberikan masukan kepada rekan setim barunya itu. Berdasarkan pengalamannya selama musim lalu di Persib, Ardi menyarankan Frets untuk kuat mental di klub kebanggaan Bobotoh tersebut.

Ardi dan Frets sama-sama berasal dari Ternate.Ardi dan Frets sama-sama berasal dari Ternate. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
"Dia cerita dapat tawaran, saya bilang coba tanya manajemen langsung bagaimana main di Persib. Saya bilang harus siapkan mental, di Persib harus kuat karena saya sudah di sana," kata Ardi Idrus seusai latihan di Stadion Arcamanik Bandung, Rabu (16/1).

Frets Butuan bukan sosok baru bagi Ardi Idrus. Keduanya sama-sama berasal dari Ternate, Maluku Utara. Menurut Ardi, Frets merupakan teman bermain sepak bola di kampungnya.

"Dia [Frets] dari Ternate juga, tapi dia tidak satu SSB dulu, namun sering bertemu. Ternate kan kecil, jadi dulu kami bisa sering bertemu tiap hari," ucap Ardi.

Ardi merasa senang Frets akhirnya sepakat bergabung dengan Pangeran Biru. Frets bahkan mendapat kesempatan bermain untuk klub besar di usia 21 tahun.

"Iya saya senang, siapa pun yang gabung di Persib. Karena Persib ini tim besar. Saya harap [Frets] bisa bantu tim. Karena Persib ini harus berprestasi supaya bisa dikenal orang di luar," ujar pemain 25 tahun ini. (hyg/ptr)