Jadi PNS, Liliyana Diminta Jokowi Tetap Keliling Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 11:33 WIB
Jadi PNS, Liliyana Diminta Jokowi Tetap Keliling Indonesia Liliyana Natsir mendapat undangan Presiden Jokowi ke Istana Negara. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, diminta Presiden Joko Widodo untuk tetap keliling Indonesia dan memberikan motivasi pada generasi muda usai pensiun.

Liliyana Natsir menutup kariernya dengan tampil di turnamen Indonesia Masters 2019 dan menjadi runner-up setelah kalah dari pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong 21-19, 19-21 dan 16-21, Minggu (27/1).

Dua hari setelah resmi pensiun, Liliyana yang akrab disapa Butet itu diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, didampingi Menpora Imam Nahrawi, Selasa (29/1).


Dalam pertemuan itu Jokowi menilai pensiunnya Liliyana tidak saja kehilangan bagi Indonesia, namun juga dunia. Kunjungan itu merupakan momen 'pamit' Butet kepada kepala negara.

"Indonesia tentu kehilangan dengan pensiunnya Butet. Bukan hanya negara ini, tapi dunia juga akan kehilangan sosok seperti Butet," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dunia akan kehilangan Butet karena ia telah menghiasi berbagai turnamen bulutangkis bergengsi di tingkat regional hingga internasional. Bahkan penampilannya sering memberikan sumbangan medali kepada Tanah Air.

Liliyana Natsir menutup kariernya dengan menjadi runner-up Indonesia Masters 2019.Liliyana Natsir menutup kariernya dengan menjadi runner-up Indonesia Masters 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Semua tahu Liliyana. Butet, telah memenangkan pertandingan bergengsi, seperti Olimpiade, All England," kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi berharap sosok dan prestasi Liliyana selama ini bisa menjadi inspirasi bagi pebulutangkis lainnya. Bahkan juga kepada seluruh atlet nasional agar mereka bisa berprestasi seperti Butet.

Tak ketinggalan ia juga berharap Liliyana bisa memberi sumbangsih terakhir kepada bangsa dengan mengunjungi berbagai titik pemusatan latihan nasional (pelatnas) di daerah untuk memotivasi para pebulutangkis muda.

Butet diminta keliling Indonesia untuk memberikan motivasi kepada pebulutangkis muda.Butet diminta keliling Indonesia untuk memberikan motivasi kepada pebulutangkis muda. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Liliyana Natsir dan beberapa pebulutangkis lainnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkat prestasi yang ditorehkan.

"Sebentar lagi, Butet akan jadi PNS, tapi saya titip agar terus memotivasi dan berkeliling ke semua daerah untuk memberi motivasi, agar apa yang dikerjakan dan dilakukan bisa meraih prestasi," tuturnya.

Liliyana menyatakan siap menjalankan pesan Jokowi agar terus memotivasi para generasi muda agar bisa menjadi penyumbang medali bagi Indonesia ke depan.

"Saya berpamitan dan mohon arahan dari Pak Jokowi. Bila setelah ini mungkin dibutuhkan untuk membantu memotivasi adik-adik dan menjadi inspirasi untuk adik-adik," ungkapnya

"Semoga prestasi saya bisa memotivasi adik-adik untuk lebih berprestasi membawa nama bangsa dan negara Indonesia di kancah internasional. Yang paling penting di Olimpiade 2020, semoga tradisi medali emas tetap diteruskan," kata Liliyana menambahkan. (uli/ptr)