Steven Seagal Dukung Khabib Hajar Rekan McGregor

CNN Indonesia | Jumat, 01/02/2019 21:10 WIB
Steven Seagal Dukung Khabib Hajar Rekan McGregor Steven Seagal mendukung perbuatan Khabib Nurmagomedov menghajar rekan Conor McGregor, Dillon Danis. (REUTERS/Darryl Webb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Hollywood, Steven Seagal, ikut mendukung perbuatan Khabib Nurmagomedov menghajar rekan Conor McGregor, Dillon Danis.

Khabib dijatuhkan hukuman oleh Komite Atletik Nevada (NSAC) sembilan bulan dan denda US$500 ribu atau setara Rp6,9 miliar lantaran memicu kerusuhan di T-Mobile Arena, Oktober 2018.

"Apakah saya akan mengutuk apa yang ia perbuat? Tentu tidak. Bahkan dalam posisi sebagai diplomat, saya tetap akan katakan tidak."


"Jika mulut Anda kurang ajar terhadap keluarga, istri mereka, ibu mereka, ayah mereka, negara mereka, agama mereka, saya akan melakukan hal yang sama [menghajar Danis]," tegas Seagal seperti dikutip dari BJPENN.

Usai mengalahkan McGregor pada ronde keempat, Khabib langsung menaiki pagar oktagon ke luar. Kemudian ia melompat dan berusaha menyerang Danis.

Aksinya itu membuat situasi panas sehingga terjadi keributan pula di dalam oktagon. Tampak dua rekan Khabib, Zubaira Tukhugov dan Abubakar Nurmagomedov, masuk ke dalam oktagon dan adu pukul dengan McGregor.

Steven Seagal Dukung Khabib Hajar Rekan McGregorKhabib Nurmagomedov dihukum berat NSAC. (Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Khabib terpancing dengan provokasi Dillon yang disebutnya menghina keluarga serta agama petarung muslim asal Dagestan Rusia tersebut saat pertarungan digelar.

Sebelumnya, McGregor juga beberapa kali melontarkan komentar bernada ejekan ras dan agama pada saat konferensi pers sebelum pertandingan.

Lantaran ucapannya itu, petarung asal Irlandia tersebut juga mendapatkan sanksi, namun lebih ringan dari lawannya. McGregor dijatuhi sanksi skors enam bulan dan denda US$50 ribu (Rp690 juta).

Tukhugov dan Abubakar Nurmagomedov juga mendapatkan hukuman yakni skors 12 bulan tidak boleh bertarung di negara bagian Nevada Amerika Serikat lantaran masuk ke dalam oktagon dan menyerang McGregor.

Sementara itu, Seagal yang menguasai ilmu bela diri Jiu-jitsu menilai kelas Khabib memang di atas McGregor sehingga rematch atau pertarungan ulang dinilainya tidak ada gunanya.

"Khabib mengecundangi Conor [McGregor] dalam segala hal. Dalam aspek pertarungan adu pukul ia [Khabib] mengalahkannya."

"Dia adalah petarung yang lebih baik dalam segala aspek dan saya pikir dia begitu mendominasi Conor dalam semua hal dan dia layak menang," terang Seagal. (bac/jun)