5 Calon Pelatih Pengganti Solari di Real Madrid

CNN Indonesia | Sabtu, 09/03/2019 13:34 WIB
5 Calon Pelatih Pengganti Solari di Real Madrid Raul Gonzalez masuk daftar calon pengganti Santiago Solari. (Brian Ach/Getty Images for LaLiga/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid dalam waktu dekat diklaim bakal memecat Santiago Solari dari kursi pelatih. Sedikitnya ada lima kandidat yang muncul untuk mengambil alih pekerjaan Solari di tengah kompetisi.

Solari sempat menjanjikan di awal kepemimpinannya sebagai pengganti Julen Lopetegui sejak November lalu. Namun, posisi entrenador asal Argentina itu mulai goyah menyusul serangkaian hasil negatif di semua ajang.

Selain tersingkir dari Copa del Rey usai dipermalukan rivalnya Barcelona, Real Madrid juga terlempar dari persaingan Liga Champions musim ini. Adalah Ajax Amsterdam yang jadi petaka bagi tim raksasa Spanyol tersebut.


Sejumlah pelatih top kemungkinan akan menolak pinangan di tengah jalannya kompetisi musim 2018/19. Namun, sedikitnya ada lima nama pelatih yang berpotensi menerima pekerjaan karena berstatus 'menganggur'.

1. Jose Mourinho

Mourinho jadi kandidat paling kuat untuk mengangkat performa Los Blancos yang tengah terpuruk. Terlebih peracik strategi asal Portugal itu belum memiliki klub sejak dipecat Manchester United pada akhir tahun 2018.

Secara terang-terangan Mourinho mengaku siap menangani tim yang pernah dilatihnya. Namun, ia hanya akan memilih tim yang memiliki ambisi dan modal besar demi meraih prestasi di level domestik maupun Eropa.

Jose MourinhoJose Mourinho berpeluang kembali latih Real Madrid.(AFP PHOTO/DANI POZO)
Kendati terbiasa membangun tim sebelum kompetisi bergulir, Mourinho berpotensi akan menerima tantangan di tengah jalan andai Real Madrid resmi memecat Solari.

2. Antonio Conte

Conte juga masuk dalam daftar calon kandidat ideal. Serangkaian gelar domestik di Juventus dan Chelsea membuat pamornya layak diperhitungkan.

Petinggi klub Real Madrid dikabarkan sempat berkomunikasi dengan Conte sebelum resmi menggaet Julen Lopetegui sebelum kompetisi bergulir. Imbasnya, Conte tak mau menerima tawaran sebagai pengganti Lopetegui yang dipecat di tengah jalan.

Seperti pelatih top lainnya, Conte memang bakal memprioritaskan tim yang sedang membangun kekuatan sebelum kompetisi bergulir. Namun, situasi dadakan di Real Madrid mungkin bisa mengubah pikiran Conte.

3. Joachim Loew

Loew memang masih terikat kontrak bersama timnas Jerman hingga gelaran Piala Dunia 2022. Namun, godaan melatih Real Madrid bisa jadi godaan besar bagi Loew yang sempat berniat melatih klub usai gagal mengantar Jerman berprestasi di Piala Dunia 2018.

Joachim Loew jadi alternatif ideal pelatih Real Madrid.Joachim Loew jadi alternatif ideal pelatih Real Madrid. (REUTERS/Christian Hartmann)
Nama Loew juga sempat dikaitkan dengan Real Madrid setelah Zinedine Zidane memutuskan mundur dari jabatannya di akhir musim 2017/18. Namun, petinggi Los Blancos secara mengejutkan memilih Lopetegui.

Pelatih asal Jerman itu bisa saja menerima tantangan baru dari El Real bila proposal yang ditawarkan lebih menggiurkan ketimbang menangani Die Mannschaft.

4. Raul Gonzalez

Raul merupakan kandidat realistis untuk menggantikan jabatan Solari saat ini. Namun, statusnya kemungkinan hanya menjadi pelatih sementara hingga kompetisi 2018/19 berakhir.

Meski demikian, Raul berpeluang dipermanenkan jika mampu mengangkat performa Real Madrid hingga akhir musim. Hal ini pernah terjadi era Zinedine Zidane yang berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions.

Guti Hernandez kini menjabar asisten pelatih Besiktas.Guti Hernandez kini menjabar asisten pelatih Besiktas. (AFP PHOTO / PASCAL GUYOT)
Saat ini, Raul mendapat tugas sebagai pelatih tim B Madrid menggantikan Alvaro Benito yang dipecat usai mengkritik Toni Kroos dan Casemiro dalam sebuah siaran radio. Pengalamannya sebagai bintang Los Galacticos membuatnya akan dihormati pemain bintang di Bernabeu.

5. Guti Hernandez

Guti juga punya kans yang sama dengan Raul di Real Madrid. Keduanya populer di era yang sama dan berstatus pemain legendaris dan kesayangan publik Bernabeu.

Saat ini Guti menjabat asisten pelatih Besiktas setelah sebelumnya pernah 'magang' sebagai entrenador tim junior Madrid. Meski demikian, peluang Raul untuk menggantikan Solari lebih besar dari Guti. (jun/jal)