Resmi, Rionny Mainaky Pelatih Utama Tunggal Putri PBSI

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 13:19 WIB
Resmi, Rionny Mainaky Pelatih Utama Tunggal Putri PBSI Rionny Mainaky akan melatih tunggal putri Indonesia. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSISusy Susanti memastikan Rionny Mainaky menjadi pelatih utama tunggal putri di pelatnas PBSI, Jumat (15/3).

PBSI telah mengumumkan susunan pemain dan pelatih pada awal tahun, namun Rionny baru diumumkan saat ini karena menunggu kontrak dengan Asosiasi Bulutangkis Jepang usai.

Susy memilih menunda pengumuman pelatih utama di sektor tunggal putri karena tidak ingin mengusik konsentrasi Rionny melatih tim Jepang.


"Sudah diputuskan Rionny Mainaky menjadi pelatih utama tunggal putri. Resminya mulai melatih tanggal 1 April. Tapi di akhir bulan Maret ini, Rionny sudah ada di Cipayung," ujar Susy dikutip dari rilis resmi.

Resmi, Rionny Mainaky Pelatih Utama Tunggal Putri PBSIGregoria Mariska Tunjung menjadi salah satu andalan Indonesia di sektor tunggal putri. (ANTARA FOTO/INASGOC/Hadi Abdullah)
"Kami mau saling jaga. Dengan dia masih terikat kontrak dengan Jepang, kami tidak mau mengganggu. Kami ada kode etik juga. Kami tidak mau kontrak Rionny dengan Jepang kemarin, terganggu di tengah jalan. Kami dari PBSI dan Rionny juga sepakat hubungan kami dengan Jepang ke depannya akan tetap baik," sambung Susy.

Resmi, Rionny Mainaky Pelatih Utama Tunggal Putri PBSI
Susy mengatakan pencarian pelatih utama tunggal putri sudah berlangsung sejak tahun lalu. Rionny dianggap berhasil menjadi pelatih Jepang lantaran prestasi atlet bulutangkis Negara Matahari Terbit yang menanjak dalam kurun beberapa waktu terakhir.

"Memang mencarinya [pelatih] gampang-gampang susah. Kalau melatih kan bukan cuma chemistry, tapi juga kami melihat program, kebutuhan, pastinya pengalaman dan mencetak prestasi."

"Dari semua penilaian itu, disaring, didiskusikan, ada kesepakatan, kecocokan dan visi-misi, akhirnya kami putuskan, sepertinya yang paling cocok adalah Rionny," terang mantan andalan tunggal putri Indonesia pada tahun 1990-an.

Dalam menangani tunggal putri Indonesia, Rionny akan didampingi asisten pelatih Minarti Timur serta Herli Djaenudin yang kini melatih atlet pratama. (nva)