LAPORAN DARI VIETNAM

Indra Sjafri Sindir Media Vietnam yang Ragukan Usia Marinus

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 05:30 WIB
Indra Sjafri Sindir Media Vietnam yang Ragukan Usia Marinus Media Vietnam isukan Marinus Wanewar lakukan pencurian umur. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Hanoi, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri sindir media Vietnam yang mencurigai Marinus Wanewar punya usia lebih tua di atas 23 tahun pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Salah satu jurnalis Vietnam menanyakan isu pencurian umur yang melibatkan nama Marinus pada sesi konferensi pers usai laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di Stadion My Dinh, Minggu (24/3).

Indra menjelaskan tentang karakteristik bangsa Indonesia yang terdiri dari multietnis sekaligus menyindir sang jurnalis agar tidak memainkan isu tak sedap.


"Bukan lebih tua. Jadi di negara kami ada namanya orang-orang berkulit hitam, jangan dipikir wajah tua umurnya tua. Mereka memang pemain yang secara regulasi tidak masalah," ujar Indra Sjafri.

Marinus Wanewar striker andalan Timnas Indonesia U-23.Marinus Wanewar striker andalan Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)
"Jadi, media Vietnam jangan sebentar-sebentar mempermasalahkan soal umur," Indra menambahkan.

Media Vietnam beberapa kali menyinggung soal usia Marinus. Selain saat di Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, beberapa hari lalu juga hal tersebut kembali diangkat media Vietnam. Striker Persipura Jayapura itu bahkan sempat dianggap berusia lebih dari 30 tahun.

Indra Sjafri Sindir Media Vietnam yang Ragukan Usia Marinus
Dalam kesempatan tersebut Indra Sjafri juga membahas soal kartu merah yang diterima Marinus saat laga usai lantaran mendapat katu kuning kedua karena menyikut pemain Vietnam.

"Marinus saya pikir pemain bagus. Banyak hal pemain Vietnam memancing emosi Marinus, dan dia bisa meredam," ucap Indra.

"Sayang tadi wasit tidak melihat, padahal yang memulai tadi ke Marinus adalah pemain Vietnam, bukan Marinus yang memulai. Tapi wasit melihat ke Marinus-nya. Kami semua sudah berjuang dengan baik. Saya perlu mengapresiasi seluruh pemain," mantan pelatih Bali United itu melanjutkan.

Indonesia dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 setelah menelan dua kekalahan beruntun di fase Grup K. Sebelum kalah dari Vietnam dengan skor tipis 0-1, skuat Merah Putih juga takluk 0-4 dari Thailand. (sry/jun)