Jonatan dan Fajar/Rian Jaga Harapan di Malaysia Terbuka

CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 22:28 WIB
Jonatan dan Fajar/Rian Jaga Harapan di Malaysia Terbuka Jonatan Christie jadi harapan meraih gelar juara di nomor tunggal putra. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia menggantungkan harapan pada Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak semifinal Malaysia Terbuka 2019.

Jonatan lolos setelah mengalahkan Viktor Axelsen dengan skor 21-18, 21-19. Sementara itu Fajar/Rian berhasil menapak babak empat besar dengan mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, 23-21, 19-21, 21-18.

Harapan Indonesia untuk bisa memiliki wakil di nomor ganda campuran musnah setelah Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow kalah dari ganda Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing,


Tontowi/Winny memulai laga dengan baik di gim pertama. Setelah kedudukan 5-5, Tontowi/Winny mampu melesat dengan keunggulan lima angka, 11-6 di saat interval.

Tontowi/Winny makin dominan selepas interval dengan keunggulan delapan angka, 15-7, yang berlanjut menjadi 19-12. Tontowi/Winny sempat mendapat ancaman ketika Tan/ai meraih lima poin beruntun dan membuat skor menjadi 19-17.
Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal menyusul Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke babak semifinal.Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal menyusul Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke babak semifinal. (Reuters/Andrew Boyers)
Namun Tontowi/Winny berhasil memberikan respons dengan baik dan meraih dua poin berikutnya. Gim pertama berakhir dengan skor 21-19 untuk Tontowi/Winny.

Tontowi/Winny kembali menunjukkan penampilan bagus di awal gim kedua. Serangan-serangan Tontowi/Winny berhasil membuat mereka unggul 11-6.

Usai interval, Tan/Lai coba mengejar dan sempat memperkecil selisih poin. Catatan enam poin beruntun yang didapat Tan/Lai membuat mereka berbalik unggul 16-14.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil lolos ke babak semifinal.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil lolos ke babak semifinal. (Dok. Humas PBSI)
Tan/Lai kemudian menutup gim kedua dengan kemenangan 21-16 lewat catatan empat poin beruntun.

Pada gim penentuan, saling susul antara kedua ganda terjadi sebelum akhirnya Tan/Lai memimpin tiga angka, 11-8 di saat interval.

Jonatan dan Fajar/Rian Jaga Harapan di Malaysia Terbuka
Tontowi/Winny sempat menyamakan skor menjadi 11-11 namun kemudian kembali tertinggal 12-16. Tan/Lai terus unggul dan mendapat match point pada angka 20-14 usai pengembalian Tontowi membentur net. Pertandingan usai dengan skor 21-16 untuk ganda Malaysia.

Sebelumnya, Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia Pradipta gagal lolos ke babak semifinal. Ketut/Rizki kalah dua gim langsung, 18-21, 16-21 dari Du Yue/Li Yunhui. (ptr/jun)