Man City Punya Ederson, Liverpool Miliki Van Dijk

CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 13:08 WIB
Man City Punya Ederson, Liverpool Miliki Van Dijk Ederson Moraes bisa menjadi kunci Manchester City meraih gelar Liga Primer Inggris. (REUTERS/Hannah McKay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Liverpool, Virgil Van Dijk dan kiper Manchester City Ederson Moraes, sama-sama memiliki peran penting dalam upaya timnya meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim ini.

Liverpool dan Manchester City dituntut konsisten dalam menjaga performa mereka. Sedikit saja kesalahan dapat berakibat fatal untuk upaya kedua tim meraih mahkota juara di akhir musim.

Liverpool saat ini memimpin klasemen dengan perolehan 88 poin atau unggul dua poin saja dari Man City. Liverpool menyisakan tiga laga sedangkan Man City masih punya tabungan satu pertandingan lebih banyak.


Sebagai juara bertahan, City mendapat tantangan luar biasa dari Liverpool yang tampil cukup konsisten. Salah satunya berkat kehadiran Van Dijk yang memperkuat pertahanan The Reds dengan cara yang mengesankan.

Virgil van Dijk merupakan tembok kokoh pertahanan Liverpool. (REUTERS/Andrew Boyers)
Hal ini terbukti dari statistik Liverpool di Liga Primer Inggris musim ini. Dilansir dari Soccerway, sampai detik ini Liverpool hanya satu kali kalah dari total 35 pertandingan.

The Reds hanya kalah dari Man City dengan skor 1-2 di Stadion Etihad pada 3 Januari 2019. Sementara 27 laga berakhir dengan kemenangan dan tujuh laga berakhir imbang.

Liverpool juga mencatat total 19 kali clean sheet dengan 10 kali catatan tanpa kebobolan terjadi di kandang dan sembilan kali di tandang. Semua catatan tersebut tidak lepas dari peran lini belakang khususnya faktor Van Dijk.

Sementara Man City memiliki Ederson yang didatangkan dari Benfica pada 2017. Ederson dinilai mampu mengatasi permasalahan di lini belakang, salah satu pengaruhnya ketenangan para pemain belakang yang tampak dari kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di Stadion Etihad pada 20 April.

Kemenangan tanpa kebobolan itu sekaligus menjadi clean sheet ke-33 buat Ederson sejak bermain di Liga Primer Inggris. Performa menawan kiper asal Brasil itu membuat empat bek sejajar Man City yang dikomandoi Aymeric Laporte bisa lebih tenang.

Kontribusi signifikan dari Van Dijk dan Ederson di sektor belakang bakal menjadi kunci dalam persaingan ketat Liverpool dan Man City dalam upaya meraih gelar Liga Primer Inggris. (map/jun)