4 Hal Buruk di Real Madrid Usai Cristiano Ronaldo Pergi

CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 12:25 WIB
4 Hal Buruk di Real Madrid Usai Cristiano Ronaldo Pergi Dampak negatif kehilangan Cristiano Ronaldo langsung dirasakan oleh Real Madrid. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid makin merasakan efek buruk kehilangan Cristiano Ronaldo. Berikut dampak yang sudah dirasakan Los Blancos sejak CR7 hengkang di akhir musim lalu.

Real Madrid membuat kejutan besar dengan melepas Cristiano Ronaldo ke Juventus pada akhir musim lalu. Padahal bintang asal Portugal itu secara jelas dan meyakinkan jadi bagian sukses Los Blancos merajai Eropa dalam tiga musim beruntun plus sederet gelar lainnya.

Begitu Ronaldo hengkang, Real Madrid langsung merasakan dampak negatif di musim 2018/2019. Berikut sejumlah hal buruk yang dialami Real Madrid di musim perdana sejak Ronaldo pergi:


1. Menelan 10 Kekalahan dalam Satu Musim La Liga

Real Madrid terakhir kali menelan 10 kekalahan dalam satu musim pada 2008/2009, atau musim terakhir sebelum mereka merekrut Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Namun setelah Cristiano Ronaldo pergi, Real Madrid kembali mengoleksi 10 kekalahan musim ini. Jumlah kekalahan Real Madrid masih bisa bertambah karena masih ada tiga laga tersisa di pengujung musim.
Penampilan Real Madrid menurun drastis musim ini.Penampilan Real Madrid menurun drastis musim ini. (REUTERS/Susana Vera)
2. Gagal Mencetak Gol dalam Dua Laga Beruntun

Real Madrid untuk pertama kalinya gagal mencetak gol di dua laga beruntun dalam era kepelatihan Zinedine Zidane. Tak hanya itu, catatan gol Real Madrid saat ini hanya benar-benar bertumpu pada Karim Benzema.

Delapan gol terakhir Los Blancos ke gawang lawan lahir dari sumbangan Benzema.
Real Madrid terlalu bergantung pada Karim Benzema untuk mencetak gol saat ini.Real Madrid terlalu bergantung pada Karim Benzema untuk mencetak gol saat ini. (REUTERS/Sergio Perez)
3. Real Madrid Tak Bisa Raih 75 Poin

Real Madrid untuk pertama kalinya tidak bisa meraih 75 poin atau lebih sejak musim 2005/2006 ketika mereka membukukan 70 poin. Saat Cristiano Ronaldo datang, catatan 75 poin atau lebih selalu didapatkan Real Madrid di akhir musim.

Saat ini torehan poin Real Madrid masih ada di angka 65 poin dan poin maksimal yang bisa mereka capai adalah 74 poin di akhir musim.

4 Hal Buruk di Real Madrid Usai Cristiano Ronaldo Pergi

4. Produktivitas Real Madrid Menurun Jauh

Sejak kedatangan Cristiano Ronaldo, Real Madrid selalu mencetak lebih dari 100 gol di delapan musim perdana CR7. Pada musim lalu yang merupakan catatan terburuk, Real Madrid masih sanggup membukukan 94 gol.

Setelah Ronaldo pergi, Real Madrid hanya sanggup mencetak 59 gol sejauh ini. Dengan sisa tiga laga, hampir mustahil Real Madrid bisa mendekati produktivitas gol musim lalu. (ptr/ptr)