Kalahkan Bhayangkara, PSM Lolos ke Semifinal Piala Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 17:36 WIB
Kalahkan Bhayangkara, PSM Lolos ke Semifinal Piala Indonesia PSM menang 2-0 atas Bhayangkara FC di leg kedua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar lolos ke semifinal Piala Indonesia usai mengalahkan Bhayangkara FC 2-0 di leg kedua Stadion Matoangin, Jumat (3/5), yang membuat agregat 4-4 untuk kedua tim. PSM ke semifinal setelah menang produktivitas gol tandang lantaran di leg pertama perempat final berhasil mencetak dua gol meski kalah 2-4.

PSM yang bertekad mengejar defisit dua gol mendapatkan peluang terbaik untuk unggul lebih dulu di menit ke-19. Akan tetapi, tendangan bebas Marc Klok hanya terbang tipis di atas mistar gawang Bhayangkara FC.

Bhayangkara FC sempat unggul lebih dulu di menit ke-29 melalui tendangan bebas bek Anderson Salles. Tetapi wasit tidak mengesahkan gol itu lantaran bola dianggap belum melewati garis gawang. Padahal, dalam tayangan ulang bola tersebut sudah melewati garis namun memantul keluar dan bisa ditangkap kiper Rivki Mokodompit.


Kontroversi itu ternyata membuat Bhayangkara kehilangan konsentrasi dan gagal fokus pada pertandingan. Peluang itu dimanfaatkan dengan jeli oleh PSM. Lewat assist Asnawi Mangkualam, M Rahmat berhasil membobol gawang Awan Setho di menit ke-30.

Tertinggal 0-1 membuat gairah The Guardian kembali bangkit. Bhayangkara Fc hampir saja menyamakan kedudukan lewat M Hargianto. Tetapin tendangan Hargianto dari dalam kotak penalti melayang di atas gawang lawan. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan PSM.

Bhayangkara kalah produktivitas gol tandang.Bhayangkara kalah produktivitas gol tandang. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Di babak kedua PSM dan Bhayangkara FC sama-sama meningkatkan serangan. Bhayangkara FC ingin mempertahankan agregat 4-3, sedangkan tuan rumah terus berburu gol untuk mengamankan tiket semifinal.

Permainan kedua tim di babak kedua lebih banyak terjadi di sektor sayap. Terutama PSM yang mengandalkan sisi kanan untuk membangun serangan dan merusak pertahanan Indra Kahfi dan kawan-kawan.

Kalahkan Bhayangkara, PSM Lolos ke Semifinal Piala Indonesia
Serangan sektor sayap itu juga yang membuat PSM menggandakan kedudukan di menit ke-55 lewat gol Rizky Pellu. Umpan Zulham Zamrun dari sisi kanan dikonversi menjadi gol oleh Pellu lewat tendangan keras kaki kirinya ke pojok kanan atas gawang Awan Setho. Gol itu membuat agregat kedua tim imbang 4-4, namun PSM unggul produktivitas gol tandang.

Di menit ke-67 Bhayangkara FC kembali memberikan ancaman lewar Anderson Salles. Tendangan bebas Salles yang mengarah ke sisi atas gawang PSM bisa ditepis Rivki.

Kelengahan di pertahanan PSM hampir saja berbuah gol untuk tim tamu. Namun Dendy Sulistyawan yang sudah tanpa pengawalan bek lawan tidak bisa memaksimalkan peluang itu. Tendangan Dendy masih jauh dari sasaran setelah memanfaatkan blunder kiper Rivki yang gagal menangkap bola masih jauh dari gawang.

Permainan keras dari kedua tim terjadi di sisa pertandingan. Pemain-pemain PSM dan Bhayangkara harus menghentikan pergerakan lawannya dengan pelanggaran. Namun, tidak adanya gol yang tercipta di sisa laga membuat PSM menang 2-0 atas Bhayangkara FC. PSM jadi tim pertama yang ke semifinal Piala Indonesia.

Susunan pemain:

PSM: Rivki Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Abdul Rahman, Aaron Evans, Benny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu; M Rahmat, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun; Eero Markkanen.

Bhayangkara FC: Awan Setho; Bagas Adi, Anderson Salles, Indra Kahfi, Putu Gede; Nur Iskandar, M Hargianto, Reksa Maulana, Vendry Mofu; Alsan Sanda, Dendy Sulistyawan. (sry/bac)