Tanpa Gelar, Uang Hadiah Liverpool Ungguli Man City

CNN Indonesia | Minggu, 12/05/2019 11:54 WIB
Liverpool sudah memastikan unggul jumlah pendapatan atas Manchester City khusus dari uang hadiah Liga Primer Inggris atau prize money. Liverpool mengincar gelar perdana setelah 29 tahun. (REUTERS/Miguel Vidal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City dan Liverpool masih terlibat persaingan gelar juara hingga akhir musim Liga Inggris, namun The Reds sudah memastikan unggul jumlah pendapatan atas The Citizens khusus dari uang hadiah atau prize money.

Hingga pekan ke-37 Man City memimpin klasemen dengan 95 poin, disusul Liverpool dengan 94 poin. Pada matchday terakhir, Manchester Biru akan bertamu ke kandang Brighton & Hove Albion dan Merseyside Merah menjamu Wolverhampton Wanderers.
Man City dipastikan meraih gelar juara untuk kali kedua secara beruntun jika menang atas Brighton. Sementara harapan Liverpool meraih gelar perdana setelah 1990 tetap ada dengan kemenangan atas Wolves dan di laga lain Man City kalah.

Tanpa Gelar, Uang Hadiah Liverpool Ungguli Man City Manchester City bersaing ketat dengan Liverpool dalam perebutan juara Liga Inggris. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Di luar persaingan perolehan poin yang begitu sengit, Liverpool sudah dipastikan menjadi yang teratas dalam hal pengumpulan uang dari prize money yang terdiri dari hak siar pertandingan baik di dalam maupun luar negeri yang terdiri dari facility fee dan equal share. Selain itu ada pula uang yang didapat berdasarkan peringkat di klasemen.

Untuk equal share yang merupakan hak siar televisi baik dalam maupun luar negeri, Liverpool dan 19 kesebelasan lain di Liga Inggris sama-sama berhak mendapatkan £79,4 juta.


Faktor utama yang membuat Liverpool meraih uang lebih banyak ketimbang Man City adalah facility fee atau uang hadiah berdasarkan jumlah penampilan di televisi. Lantaran pertandingan Liverpool tercatat ditampilkan 29 kali atau tiga kali lebih banyak ketimbang Man City, maka anak asuh Juergen Klopp dapat pemasukan lebih besar.

Tanpa Gelar, Uang Hadiah Liverpool Ungguli Man City
Untuk setiap pertandingan yang disiarkan secara langsung, masing-masing klub akan mendapat sekitar £1,15 juta. Karena siaran langsung yang lebih banyak, Liverpool pun mendapat £33,5 juta atau £3,4 juta lebih banyak dibanding Sergio Aguero dan kawan-kawan.

Sementara uang hadiah juara sebesar £38,6 juta dan untuk runner up akan mendapat £36,7 juta. Dengan hitungan tersebut, Liverpool tetap memiliki pendapatan lebih besar dibanding Man City kendati hanya berstatus sebagai kesebelasan peringkat kedua.

Jika Liverpool hanya finis di urutan kedua maka mereka bakal mengumpulkan £149,5 juta tetap lebih banyak dibanding Man City yang akan meraup dana sebesar £148,1 juta jika menjadi juara.

Sedangkan jika Liverpool sukses menempati posisi teratas di klasemen maka dipastikan £151,5 juta masuk ke kas tim.
[Gambas:Video CNN] (nva/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK