Messi Jepang Jebolan Akademi Barcelona Bersiap ke Madrid

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 14:35 WIB
Messi Jepang Jebolan Akademi Barcelona Bersiap ke Madrid Takefusa Kubo pernah membela timnas Jepang melawan Timnas Indonesia U-19 di perempat final Piala Asia U-19. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang muda Jepang jebolan La Masia Barcelona Takefusa Kubo disebut bersiap merapat ke Real Madrid.

Diberitakan media-media Jepang seperti dikutip dari AFP, FC Tokyo masih melakukan negosiasi dengan Los Blancos untuk melepas pemain berjulukan Messi Jepang itu ke Spanyol.

Kubo mendapat julukan Messi Jepang dari publik sepak bola di negara Sakura tersebut karena bukan hanya kemampuan individunya mirip dengan penyerang Barcelona, Lionel Messi. Penyerang 18 tahun itu juga tercatat pernah menimba ilmu di akademi La Masia Barcelona.


Kubo disebut-sebut memiliki prospek luar biasa. Ia juga diminati sejumlah klub raksasa lainnya yakni Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Takefusa Kubo dijuluki publik Jepang sebagai Messi Jepang. (Takefusa Kubo dijuluki publik Jepang sebagai Messi Jepang. (CNN Indonesia/Arby Rahmat)
AFP mencoba mengonfirmasi pihak FC Tokyo, klub Kubo saat itu. Namun, klub kasta pertama Liga Jepang (J-League) itu enggan memberikan komentar terkait kabar pemainnya bakal merapat ke Madrid.

Kubo pernah berlatih di La Masia dan memperkuat klub junior Barcelona U-11, Barca Alevin FC, pada 2011 saat masih 10 tahun. Di musim pertamanya yakni 2012/2013, dia tercatat sebagai top skor dengan 74 gol dalam 30 laga memperkuat tim itu.

Pada 2013/2014, Kubo pernah meraih penghargaan pemain terbaik pada turnamen Mediteranian Cup U-12. Dia juga sukses mengantarkan timnya juara Piala Catalunya.

Messi Jepang Jebolan Akademi Barcelona Bersiap ke Madrid
Musim berikutnya, Kubo naik kelas ke tim Barca Infantil A U-14 . Belakangan, Barcelona kedapatan melakukan pelanggaran regulasi FIFA soal transfer pemain muda sehingga status penyerang sayap itu tidak sah. Kubo pun kembali ke Jepang dan memperkuat FC Tokyo hingga saat ini.

Kubo sempat dipinjamkan ke Yokohama Marinos musim lalu. Kini Madrid mulai mendekati pemain tersebut.

Kubo juga pernah memperkuat timnas Jepang di Piala Asia U-19 2018. Ia bahkan ikut dimainkan saat Jepang mengalahkan Timnas Indonesia U-19 2-0 di perempat final. (bac/jal)