5 Petarung Calon Penghancur Rekor Khabib

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 18:28 WIB
5 Petarung Calon Penghancur Rekor Khabib Khabib Nurmagomedov belum terkalahkan di ajang UFC. (Isaac Brekken/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, hingga kini belum tersentuh kekalahan di ajang UFC. Hal itu membuat Khabib jadi incaran nomor satu bagi para petarung lainnya untuk dihadapi.

Khabib terakhir kali bertarung bertarung saat mempertahankan gelar kelas ringan UFC dengan mengalahkan Conor McGregor UFC 229 di Las Vegas, 6 Oktober lalu. Dalam waktu dekat, petarung berusia 30 itu akan kembali beraksi di dalam oktagon melawan Dustin Poirier.

Sejak terjun ke dunia seni bela diri (MMA) profesional pada 2008, Khabib belum terkalahkan. Dua puluh tujuh pertarungan telah ia lalui dengan catatan delapan kali menang KO, sembilan kali menang submission, dan 10 kali menang dari keputusan wasit.


Berikut ini lima petarung calon penghancur rekor tak terkalahkan Khabib:

1. Conor McGregor
Mungkin benar bahwa McGregor tidak bertarung seperti yang seharusnya ketika kalah lawan Khabib dalam UFC229 di Las Vegas, Nevada, pada 6 Oktober 2018. Kala itu, McGregor menyerah usai dicekik dari belakang.

Rematch McGregor lawan Khabib masih jadi isu panas di UFC. Meski Khabib menyatakan bahwa sejauh ini McGregor belum menunjukkan dirinya layak mendapat rematch, namun Presiden UFC Dana White tidak pernah menutup peluang untuk hal tersebut.

Conor McGregor pernah takluk dari Khabib Nurmagomedov di UFC 229. (Michael Reaves/Getty Images /AFP)
2. Rustam Kabilov
Kabilov merupakan sahabat sekaligus lawan tanding Khabib dalam latihan. Kendati begitu, bukan tidak mungkin keduanya bertarung secara resmi dalam oktagon untuk mengetahui siapa yang terbaik.

Selama menjadi petarung MMA, Kabilov dilatih sambo oleh ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov. Selain itu, ia juga belajar ilmu gulat dari Anvar Magomedgadzhiev, Abdusalam Gadisov and Akhmed Gadzhimagomedov, ilmu tinju dari Mike Winkeljohn, dan MMA dari Greg Jackson.

Dustin Poirier akan menghadapi Khabib Nurmagomedov pada 7 September mendatang. (Logan Riely/Getty Images/AFP)

3. Dustin Poirier
Khabib rencananya akan menghadapi petarung Amerika berusia 30 tahun ini di Du Arena Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 7 September mendatang. Senior Vice President UFC David Shaw mengklaim pertarungan ini sebagai penanda era baru UFC.

Menggelar pertarungan di UEA untuk kali ketiga setelah 2010 dan 2014 menjadi langkah serius dari UFC untuk menegaskan komitmen mengembangkan pasar hingga ke Timur Tengah. UFC berharap kerja sama dengan UEA dapat membantu pemasaran di benua Asia, baik untuk mendapatkan penonton maupun petarung.

4. Tony Ferguson
Selain Poirier, Ferguson pun menjadi kandidat lawan Khabib. Isu Khabib bertarung lawan petarung asal Amerika berusia 35 tahun tersebut sempat mencuat pada Juni 2019.

Ferguson mencatat 25 kali menang dan tiga kali kalah dari total 28 pertarungan. Di laga terakhir, Ferguson mengalahkan Donald Cerrone dengan TKO dalam UFC 238 di Chicago, Illinois, pada 8 Juni 2019.

5. Charles Oliveira
Oliveira dikenal sebagai petarung yang ahli dalam bergulat dan memiliki kuncian mematikan. Delapan belas dari 36 rekor pertarungan petarung berusia 29 tahun asal Brasil ini dimenangkan dengan submission.

Dari 36 pertarungan, Oliveira mencatat 27 kali menang, delapan kali kalah, dan satu no contest. Terakhir, ia menang TKO dengan pukulan lawan petarung Amerika Nik Lentz dalam 'UFC Fight Night: dos Anjos vs Lee' di Rochester, New York, pada 18 Mei 2019. (map)