H-1 Lawan Persija, Pemain Persib Tak Banyak Berkata-kata

CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 14:06 WIB
H-1 Lawan Persija, Pemain Persib Tak Banyak Berkata-kata Persib Bandung akan menjalani laga melawan Persija. (CNN Indonesia/Huyogo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim dan ofisial Persib Bandung menjalani hari-hari jelang pertandingan melawan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2019 dengan santai tanpa banyak berkata-kata.

Para pemain Maung Bandung telah tiba di Jakarta, Senin (8/7), atau dua hari sebelum pertandingan. Menurut jadwal, anak asuh Robert Rene Alberts dan kawan-kawan bakal menjalani latihan resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno sehari sebelum pertandingan.

"Kemarin (8/7) sampai hotel jam dua siang, aman selama perjalanan. Para pemain naik pesawat dan turun di Halim [Perdanakusuma], sedangkan saya naik kereta dari Bandung," kata Media Officer Persib, Rivan, kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (9/7).


"Di sekitar hotel memang normal, semoga sampai selesai pertandingan juga aman," katanya melanjutkan.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com , suasana di kawasan GBK maupun hotel tempat Persib menginap terpantau sepi. Tidak ada suporter lalu lalang, ataupun tiga unit kendaraan taktis (rantis) barracuda yang disebut polisi disiapkan untuk skuat Persib.

H-1 Lawan Persija, Pemain Persib Tak Banyak Berkata-kataPemain Persib di lobi hotel. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Rivan mengakui alat transportasi menuju SUGBK dari hotel menggunakan barracuda itu tidak normal dan tidak lazim. Namun, hal itu harus ia terima untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya juga nanti akan ikut naik barracuda, biasanya sudah didata siapa saja yang ikut kendaraan tersebut. Kecil kapasitasnya, seperti angkot. Tapi ada pendingin agar tidak pengap di dalam," ujar Rivan.

H-1 Lawan Persija, Pemain Persib Tak Banyak Berkata-kata
Sementara pemain Persib menikmati masa singkat di Jakarta dengan istirahat di hotel. Tak ada raut wajah yang tegang dari sejumlah pemain seperti Supardi Nasir, Kim Jeffrey Kurniawan, Ghozali Muharam Siregar, Erwin Ramdani.

Sayangnya, tidak satupun pemain yang berkenan untuk diwawancara. "Maaf, aturannya seperti itu. Ini bukan karena bakal lawan Persija, tapi karena memang aturannya seperti itu," ucap Kim di lobi sebelum kembali ke kamar.

H-1 Lawan Persija, Pemain Persib Tak Banyak Berkata-kataPersib mengalami kekalahan telak ketika bertanding melawan Persebaya. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj)
Ketika memasuki waktu salat Dzuhur, pemain-pemain Pangeran Biru melaksanakan ibadah secara berjemaah sebelum makan siang. Namun tetap saja tidak ada kata-kata yang banyak terlontar dari mulut pemain Persib.

"Tidak tegang, alhamdulillah tidur nyenyak," ujar bek Persib Henhen Herdiana usai salat.

Sementara itu salah satu pengelola SUGBK, Muliani, was-was dengan kehadiran The Jak di Senayan.

"Yang jadi perhatian kami adalah ketertiban penonton. Biasanya, pelanggarannya adalah tidak punya tiket. Tapi nanti akan disaring, yang tidak punya tiket tidak akan bisa masuk ke kawasan GBK," ucap Muliani.

"Dari pihak Persija juga sudah mengizinkan, kalau nanti sebelum pertandingan ada yang menginap [di emperan jalan], akan 'disapu' keluar. Saya berharap penonton Persija semakin baik dan tertib," tuturnya lagi. (map/ptr)