Prediksi Perempat Final Indonesia Open

CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 11:00 WIB
Prediksi Perempat Final Indonesia Open Kevin/Marcus bakal menghadapi Ou Xuanyi/Zhang Nan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perempat final Indonesia Open 2019 akan berlangsung hari Jumat (19/7). Berikut prediksi wakil-wakil Indonesia di turnamen tersebut.

Indonesia menyisakan lima wakil di babak perempat final, yaitu Jonatan Christie (tunggal putra), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow (ganda campuran).

Sementara itu Indonesia sudah tidak bisa berharap meraih gelar di nomor tunggal putri dan ganda putri lantaran tak ada lagi wakil yang tersisa.


Berikut prediksi lima wakil Indonesia di babak perempat final:

1. Jonatan Christie vs Chou Tien Chen

Jonatan Christie lawan Chou Tien Chen bakal jadi salah satu duel panas di babak perempat final Indonesia Open. Kedua pebulutangkis adalah unggulan yang tersisa di nomor tunggal putra. Enam pebulutangkis lainnya di babak perempat final berstatus non unggulan.

Dari rekor head to head, Jonatan unggul 6-1. Namun Chou Tien Chen tetap tak bisa dipandang remeh. Bila Jonatan telat panas, momen seperti Piala Sudirman 2019 bisa terulang. Saat itu Jonatan telat panas dan akhirnya kalah telak.

Melihat permainan Jonatan pada dua babak awal, Jonatan mampu bermain dengan baik dan bakal punya peluang bagus untuk menang di laga ini.

Jonatan Christie tak boleh kalah start saat menghadapi Chou Tien Chen.Jonatan Christie tak boleh kalah start saat menghadapi Chou Tien Chen. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Ou Xuanyi/Zhang Nan

Kevin/Marcus bakal berhadapan dengan Ou Xuanyi/Zhang Nan di babak delapan besar Indonesia Open. Dua ganda ini belum pernah berjumpa lantaran Ou Xuanyi/Zhang Nan adalah ganda racikan baru dari China.

Kevin/Marcus sendiri harus mewaspadai sosok Zhang Nan karena ia adalah salah satu pemain dengan jam terbang tinggi. Zhang Nan juga sempat menjegal Kevin/Marcus di All England 2019 saat ia berpasangan dengan Liu Cheng,

Di atas kertas, Kevin/Marcus bisa mengamankan laga ini dengan memanfaatkan formasi lawan yang belum terlalu padu.

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe

Duel Ahsan/Hendra lawan Endo/Watanabe jadi salah satu duel yang menentukan ambisi Indonesia menguasai nomor ganda putra di ajang Indonesia Open.

Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi pastinya berharap tiga wakil di babak semifinal. Bila membandingkan dengan dua duel lainnya, lawan Ahsan/Hendra adalah lawan yang paling berat di atas kertas karena Endo/Watanabe adalah unggulan kelima di turnamen ini.

Ahsan/Hendra yang merupakan unggulan keempat sendiri berhasil mengatasi tekanan yang mereka alami di dua laga sebelumnya dengan hasil baik.

Rekor head to head yang lebih bagus bisa jadi modal untuk menambah kepercayaan diri Ahsan/Hendra yang memang kembali ke level terbaik pada seri turnamen BWF tahun ini.
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali bangkit di tahun ini.Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali bangkit di tahun ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Duel Fajar/Rian lawan Hoki/Kobayashi adalah duel pembuktian bagi Fajar/Rian bahwa mereka sudah layak berada di papan atas dunia.

Melihat perjalanan Fajar/Rian, ganda unggulan keenam ini menunjukkan grafik penampilan yang meningkat bila dibandingkan dengan babak sebelumnya.

Namun Hoki/Kobayashi jelas tak bisa diremehkan begitu saja. Mereka mampu menaklukkan unggulan kedua, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Kekalahan Kamura/Sonoda ini sendiri merupakan kabar baik bagi Fajar/Rian karena kini mereka bisa punya peluang lebih bagus untuk lolos ke semifinal.

Fajar/Rian harus memanfaatkan momentum ini untuk melenggang ke babak empat besar sekaligus memelihara peluang juara.

Prediksi Perempat Final Indonesia Open

5. Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying

Tontowi/Winny adalah satu-satunya wakil Indonesia non unggulan yang mampu lolos ke babak perempat final Indonesia Open. Di babak delapan besar, Tontowi/Winny akan diadang oleh unggulan kelima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Meski dari segi peringkat, Tontowi/Winny kalah jauh, namun mereka sukses memenangkan pertemuan perdana lawan Chan/Goh di All England tahun ini.

Tak hanya itu, Tontowi juga hafal kelemahan Chan/Goh lantaran ia memenangkan 11 dari 12 duel lawan duet Malaysia tersebut saat masih berpasangan dengan Liliyana.

Hal itu yang bisa jadi modal bagi Tontowi/Winny untuk berharap kejutan mereka bisa berlanjut di Indonesia Open tahun ini.

(ptr/nva)