Man United Menjauh dari Papan Atas Daftar Klub Terkaya Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 21:17 WIB
Man United Menjauh dari Papan Atas Daftar Klub Terkaya Dunia Manchester United menjauh dari daftar puncak klub terkaya dunia. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United semakin menjauh dari posisi teratas klub terkaya dunia versi Forbes. Kali ini Setan Merah melorot ke urutan keenam atau empat tingkat dari posisi sebelumnya.

Posisi MU di peringkat atas telah tergantikan selama empat tahun berturut-turut oleh tim American Football NFL, Dallas Cowboys, dengan total nilai kekayaan mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp69,8 triliun.

Posisi selanjutnya diikuti klub baseball, klub New York Yankees di urutan kedua dengan US$ 4,6 miliar.


MU juga kini berada di belakang klub raksasa Spanyol, Real Madrid pada urutan ketiga dengan nilai US$ 4,24 miliar dan Barcelona pada urutan keempat dengan nilai US$ 4,02 miliar.

Man UnitedMan United turun peringkat dalam daftar klub terkaya versi Forbes. (Roslan Rahman/AFP)
Peringkat Madrid ini melonjak berkat keberhasilan memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut. Kekayaan El Real juga akan bertambah seiring dengan kesepakatan baru dengan Adidas dalam durasi kontrak 12 tahun ke depan, senilai US$ 1,8 triliun.

Sementara itu, Setan merah saat mengantongi total kekayaan senilai US$ 3,81 miliar atau setara dengan Rp53,2 triliun.

Man United Menjauh dari Papan Atas Daftar Klub Terkaya Dunia
Meski demikian, tim arahan Ole Gunnar Solskjaer masih menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris, disusul dengan finalis Liga Champions musim lalu, Tottenham Hotspur dan Liverpool yang hanya meraih US$ 104 juta dan US$ 117 juta.

Hasil kalkulasi kekayaan klub olahraga tersebut dikumpulkan dari berbagai faktor, termasuk penawaran sponsor, hak media, dan penyiaran.

Musim lalu MU gagal masuk ke zona Liga Champions dan harus puas finis di posisi keenam. Hasil ini sekaligus melewatkan 'suntikan' dana tambahan untuk Man United. (mcf/jun)